Minggu, 13 Muharram 1440 / 23 September 2018

Minggu, 13 Muharram 1440 / 23 September 2018

Ini Alasan Belanja Di Shopee Bisa Terus 'Free Ongkir'

Rabu 15 Agustus 2018 17:02 WIB

Rep: Nora Azizah / Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Shopee

Shopee

Foto: Dok: Shopee
Shopee bisa membuat fasilitas 'free ongkir' tidak lepas dari prinsip subsidi silang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para pelanggan Shopee mungkin sedikit heran dengan fasilitas 'free ongkir' yang disediakan layanan jual beli daring tersebut. Hampir tiga tahun berdiri, Shopee tak pernah menghapus layanan bebas biaya ongkos kirim ke seluruh Indonesia bagi pelanggannya.

Fasilitas tersebut memang sedikit menimbulkan pertanyaan. Namun pihak Shopee menegaskan bahwa bebas ongkos kirim tidak mengurangi kualitas pelayanan.

"Gratis ongkir ini memang sejak awal menjadi tantangan bagi kami, tapi ini justru nilai lebih dari pelayanan kami," kata Head of Partnership Shopee Indonesia Jeannifer Suryajaya ditemui di Jakarta Selatan, Selasa (14/8).

Baca: Baznas Buka Layanan Donasi Via Shopee

Shopee juga tidak mempunyai rencana atau niat memberhentikan gratis ongkos kirim bagi pelanggan. Para pengguna Shopee hingga saat ini tetap bisa menikmati layanan tersebut tanpa kendala.

Jeannifer menjelaskan, Shopee bisa membuat fasilitas 'free ongkir' tidak lepas dari prinsip subsidi silang. Shopee juga menjalin kerja sama dengan sangat baik bersama mitra logistik dan pembayaran sehingga gratis ongkir tetap bisa tersedia.

Selama tiga tahun berdiri, Shopee mempunyai mitra logistik dan pembiayaan dari institusi perbankan dengan menjalin kerja sama cukup lama. Hal tersebut membuat Shopee bisa dipercaya oleh mitra-mitra dengan bisnis model yang ditawarkan.

Selain konsumen dan mitra, para penjual juga memegang peranan penting bagi Shopee. Itu sebabnya platform ini kerap memberikan kelas edukasi bagi para pedagang online yang tergabung di dalam Shopee.

Baca juga: Ini Persiapan Penyelenggara untuk Hadirkan Lisa "Blacpink"

Fasilitas gratis ongkir juga menjadi salah satu daya tarik pebisnis membuka lapaknya di Shopee. Tak perlu membayar jasa pengiriman barang dan bermitra dengan layanan logistik menjadi poin kuat bagi Shopee bertumbuh di dalam negeri. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA