Monday, 9 Zulhijjah 1439 / 20 August 2018

Monday, 9 Zulhijjah 1439 / 20 August 2018

Facebook Hapus Konten Cara Merakit Senjata 3D

Jumat 10 August 2018 13:40 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Jutaan data dari akun Facebook digunakan oleh Cambridge Analytica

Jutaan data dari akun Facebook digunakan oleh Cambridge Analytica

Foto: Reuters/Dado Ruvic
Konten tersebut mengajarkan cara merakit senjata menggunakan mesin cetak 3D.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Facebook Inc menghapus konten yang menginstruksikan cara membuat senjata api menggunakan mesin cetak 3D, 3D printing. Penghapusan menyikapi polemik penggunaan senjata di Amerika Serikat.

"Membagikan instruksi bagaimana mencetak senjata menggunakan mesin cetak 3D tidak diizinkan berdasarkan Standard Komunitas kami. Sejalan dengan kebijakan kami, kami menghapus konten seperti ini dari Facebook," demikian keterangan Facebook, dikutip dari Reuters.

Facebook tidak menjelaskan apakah mereka hanya menghapus konten atau sekaligus laman dan akun yang mengunggah konten tersebut.

Facebook giat mengeluarkan kebijakan atau aksi untuk mengatasi sebaran hoax, berita palsu, ujaran kebencian dan konten yang mengandung kekerasan di platform mereka. Pekan ini, mereka menghapus laman Alex Jones, pendiri situs Infowars karena dianggap banyak berisi kekerasan dan ujaran kebencian.

Langkah Facebook untuk bersih-bersih platform mereka ini juga dilakukan jelang pemilu di AS pada November mendatang, salah satunya menghapus laman dan akun palsu yang diduga menggiring opini publik tentang isu politik.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA