Saturday, 9 Syawwal 1439 / 23 June 2018

Saturday, 9 Syawwal 1439 / 23 June 2018

Android P Beta Mengandung Konten LGBT

Kamis 07 June 2018 14:09 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Sistem android. Ilustrasi

Sistem android. Ilustrasi

Foto: Ubergizmo
Android P Beta 2 akan diluncurkan Juli atau Agustus mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Google mengumumkan rilis Android P beta terbaru, Rabu (6/6). Beragam pembaruan seperti emoji akan disajikan dalam sistem operasi yang mulai digunakan secara penuh pada akhir tahun ini, termasuk item baru seperti skateboard dan lobster, dukungan untuk gadis berambut merah.

Namun, yang mengejutkan adalah Google justru menunjukkan dukungannya terhadap LGBT, dengan memasukan opsi netral gender untuk keluarga dan pasangan emoji. Dalam Android P beta ini terdapat emoji pasangan yang berjenis kelamin sama, serta keluarga yang semuanya terdiri atas laki-laki.

Emoji ini sudah ada dalam Standar Unicode, dan Google sekarang mengikuti panduan seperti yang dikatakan oleh Emojipedia bahwa jika suatu gender tidak disebutkan, tampilan yang netral gender atau inklusif gender harus digunakan. Jadi, emoji default untuk keluarga dan pasangan akan menjadi bias gender, dan di submenu untuk masing-masing, kombinasi gender tertentu dapat dipilih. Ini bisa menjadi indikasi bahwa Google akan bergerak menuju opsi netral gender sebagai default untuk emoji lain di masa mendatang.

Tahun lalu, Apple mengumumkan beberapa emoji yang terpisah dan netral gender sendiri. Ada juga set emoji baru untuk rambut merah, rambut keriting, rambut putih, dan orang-orang botak, serta banyak wajah emoji baru, seperti topi pesta ulang tahun dan barang-barang baru, seperti mangga serta bola benang. Android P beta 2 kini keluar bagi mereka dengan perangkat yang memenuhi syarat dan diluncurkan secara global pada bulan Juli atau Agustus 2018. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA