Kamis, 7 Rabiul Awwal 1440 / 15 November 2018

Kamis, 7 Rabiul Awwal 1440 / 15 November 2018

Cara Instagram Munculkan Urutan Konten di Feed Pengguna

Sabtu 02 Jun 2018 17:35 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Esthi Maharani

Instagram.

Instagram.

Foto: EPA
Ada tiga faktor utama yang menentukan feed pengguna.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Bagi anda pengguna Instagram, anda pasti pernah bertanya-tanya mengapa foto atau video yang muncul di linimasa kerap tak berurutan. Konten yang sudah diunggah hari sebelumnya bisa muncul berurutan dengan konten yang diunggah satu menit yang lalu.

Untuk menjawab pertanyaan itu, Instagram menungkap bagaimana pihaknya mengelola algoritma hingga menghasilkan feed sebagaimana yang diterima oleh setiap pengguna. Dilansir dari The Verge, Product Lead Instagram Julian Gutman mengungkap ada tiga faktor utama yang menentukan feed pengguna. Ketiga faktor tersebut adalah minat (interest), kebaruan (recency), dan hubungan (relationship).

Minat adalah cara Instagram menanggapi bagaimana penggunanya peduli terhadap sebuah postingan. Postingan yang dianggap paling sering diperhatikan akan muncul di bagian teratas linimasa. Faktor kebaruan menandakan bahwa Instagram memprioritaskan postingan terbaru. Sedangkan hubungan berarti Instagram melihat bagaimana pengguna berinteraksi dengan akun lain.

Semakin sering anda berinteraksi dengan sebuah akun, makin sering pula anda akan melihat unggahan akun tersebut di feed. Selain itu, Instagram menyertakan tiga penentu lain dalam sebuah akun, yakni frekuensi (frequency), mengikuti (following), dan penggunaan (usage).

Frekuensi adalah seberapa sering anda membuka aplikasi, dengan demikian Instagram ingin menunjukkan pada anda postingan terbaik setiap kali membuka Instagram. Faktor mengikuti berarti jika anda mengikuti banyak akun, Instagram bisa jadi menampilkan lebih sedikit konten dari satu akun spesifik. Sehingga, anda dapat melihat lebih banyak unggahan dari semua akun yang anda ikuti secara merata.

Penggunaan mengandung makna berapa lama pengguna bermain Instagram. Aplikasi ini akan menentukan kapan waktu yang tepat untuk menampilkan postingan-postingan terbaik. Pengguna akan melihat lebih sedikit postingan yang dianggap kurang penting.

Instagram juga meluruskan pemahaman salah yang berkembang di kalangan pengguna selama ini. Platform berbagi foto dan video tersebut membantah menampilkan linimasa dengan urutan terbalik. Instagram juga mengaku tak pernah menyembunyikan postingan apapun di feed pengguna. Jika pengguna terus menggulirkan lini masa ke bawah, pengguna bisa melihat seluruh postingan yang diunggah oleh semua akun yang diikuti.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA