Friday, 8 Rabiul Awwal 1440 / 16 November 2018

Friday, 8 Rabiul Awwal 1440 / 16 November 2018

Ini Alasan Banyak Perempuan Ikut Aplikasi Kencan

Rabu 23 May 2018 02:00 WIB

Rep: Nora Azizah / Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Aplikasi kencan buta, Tinder. Ilustrasi

Aplikasi kencan buta, Tinder. Ilustrasi

Foto: Ubergizmo
Perempuan lebih merasa percaya diri tampil di aplikasi dibanding pria

REPUBLIKA.CO.ID, Motivasi Perempuan Gunakan Aplikasi Kencan (Bang Ichsan)

 

REPUBLIKA.CO.ID. JAKARTA -- Sebuah penelitian baru dilakukan Norwegian University of Science and Technology di Trondheim, Norwegia, terhadap penggunaan aplikasi kencan. Dari penelitian tersebut ditemukan, pria lebih menyukai kontak fisik untuk menarik lawan jenis, sementara perempuan lebih memilih aplikasi kencan.

Penelitian yang diberitakan melalui laman Dailymail tersebut menyebutkan, perempuan memilih aplikasi kencan karena merasa bisa menonjolkan diri terhadap lawan jenis."Perempuan merasa lebih percaya diri tampil di aplikasi kencan daripada pria," ujar salah satu penulis penelitian Dr. Mons Bendixen.

Tujuan utama para pria menggunakan aplikasi kencan secara garis besar hanya menginginkan hubungan jangka pendek. Namun tidak ada bukti akurat pria hanya menginginkan hubungan badan ketika menggunakan aplikasi kencan. Hanya sedikit pria yang memakai aplikasi demi mendapatkan hubungan serius dan jangka panjang.

Hasil penelitian diperoleh dengan melibatkan 641 mahasiswa Norwegia berusia 19 sampai 29 tahun. Baik laki-laki dan perempuan menghabiskan waktu yang sama dalam penggunaan aplikasi. Tinder menjadi salah satu aplikasi kencan yang digunakan.

Berdasarkan perilaku pengguna, mereka akan langsung menanggapi profil ketika melihat seseorang yang menarik. Namun pengguna akan langsung menggeser layar ke kiri apabila tidak menyukai satu akun.

Para pria cenderung lebih agresif menemui orang-orang yang dihubungi di dalam aplikasi. Pria lebih banyak bertemu dengan perempuan yang dikenal melalui aplikasi, kemudian melakukan kontak setelahnya.

Para lelaki juga lebih banyak menanggapi percakapan, serta memperlihatkan keterikatan yang dijalin dalam hubungan tersebut. Berbeda dengan perempuan yang melakukan hal sebaliknya. Aplikasi kencan hanya menjadi motivasi perempuan untuk mempertegas diri. Perempuan menggunakan aplikasi kencan untuk menambah kepercayaan diri daripada menjalin hubungan serius. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES