Friday, 8 Rabiul Awwal 1440 / 16 November 2018

Friday, 8 Rabiul Awwal 1440 / 16 November 2018

Aplikasi Baru Bantu Hentikan Ketagihan Ponsel Cerdas

Ahad 20 May 2018 12:45 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Indira Rezkisari

Kecanduan ponsel merupakan isu yang harus diwaspadai.

Kecanduan ponsel merupakan isu yang harus diwaspadai.

Foto: EPA
Budaya yang terlalu terpaku pada ponsel jadi keprihatinan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi baru bernama Siempo ingin membuat Anda tidak ketagihan dari ponsel cerdas dan banyak aplikasi pencuri perhatian. Untuk melakukannya, Siempo menggantikan homescreen perangkat Android, sambil memanfaatkan sejumlah prinsip desain untuk mendorong gangguan lebih jauh, dan memberi kontrol lebih besar atas pemberitahuan.

Startup yang diluncurkan beberapa pekan lalu di Google Play, sebenarnya dimulai sebagai perusahaan perangkat keras. Pada 2015, pendiri asli Andreas Gala dan Jorge Selva mulai mengembangkan perangkat telepon dengan fitur minimalis yang disebut Minium, sebagai tanggapan atas keprihatinan mereka dengan budaya yang selalu aktif saat ini.

Tetapi merancang perangkat keras cukup sulit sejak awal, sehingga mereka beralih untuk membuat smartphone cerdas yang disebut Siempo menggunakan handset dari Cina. Tahun berikutnya, Siempo membawa Mayank Saxena (CTO), yang sebelumnya mengelola tim teknik penyimpanan data di NetApp, dan Andrew Dunn (CEO), yang sebelumnya merupakan karyawan di Flexport.

Dunn mengaku berjuang dengan ponsel cerdas dan kecanduan media sosial sebagai remaja dan telah bekerja pada perangkat yang dapat dipakai untuk membantu orang menyeimbangkan hubungan mereka dengan teknologi. Sebab, keseimbangan anak-anak di era digital semakin mengkhawatirkan.

Sayangnya, ketika perusahaan mencoba mengumpulkan dana di Kickstarter pada tahun 2017, mereka tidak mendapatkan tujuannya. Apa yang diremehkan tim adalah betapa sulitnya untuk meyakinkan orang-orang untuk beralih dari ponsel cerdas.

Dan dalam hal ini, mereka tidak hanya meminta untuk membeli perangkat keras baru, tapi juga merupakan permintaan untuk mencoba jenis pengalaman seluler baru. Meskipun Kickstarter gagal, itu memberikan tim dengan umpan balik yang berharga. Menurut Dunn, ketika meluncurkan kampanye Kickstarter ia mendengar dari puluhan pendukung potensial bahwa mereka menyukai konsep Siempo.

Tetapi lebih suka mencoba dan membayar untuk versi perangkat lunak pada perangkat mereka yang ada.''Kami tahu kami masih bisa membangun sembilan puluh lima persen dari apa yang kami inginkan, jadi itu adalah jalan yang jelas untuk dijelajahi,'' ucap Dunn, dikutip dari Techcrunch, Ahad (20/5).

Siempo, saat ini dalam versi beta, bertujuan mengatasi masalah dengan serangkaian fitur yang seharusnya menarik bagi siapa pun yang mempertanyakan apakah mereka terlalu kecanduan pada ponsel mereka. Setelah mengunduh aplikasinya dari Play Store, Anda dapat mengatur Siempo sebagai aplikasi default.

Artinya, Anda akan berinteraksi dengan user interface yang dirancang secara manusiawi dan bukan versi stok dari pembuat ponsel cerdas. Setelah dipasang, Siempo menjadikan homescreen Anda sebagai antarmuka yang lebih tenang, tanpa hal-hal seperti ikon atau logo perusahaan yang berwarna-warni.

Di sini, Anda dapat mempersonalisasi pesan yang muncul saat Anda membuka kunci ponsel. Dalam pembaruan yang diluncurkan hari Rabu lalu, Anda akan dapat menetapkan latar belakang khusus atau mengaktifkan mode gelap.

Salah satu fitur utama Siempo adalah bagaimana Anda dapat menyatukan notifikasi Anda. Daripada mengizinkan aplikasi untuk mengingatkan Anda kapan saja mereka pilih, Anda dapat mengonfigurasi ponsel untuk mengirim lansiran sesuai jadwal yang Anda inginkan, seperti setiap setengah jam atau jika Anda ingin masuk semua hanya sekali sehari.

Siempo juga memanfaatkan sejumlah teknik desain untuk menjauhkan Anda dari gangguan-gangguan. Termasuk oleh ikon aplikasi unbranding dan mengubahnya menjadi abu-abu.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES