Monday, 3 Zulqaidah 1439 / 16 July 2018

Monday, 3 Zulqaidah 1439 / 16 July 2018

Google Maps Sertakan Fitur Ramah Difabel

Ahad 18 March 2018 04:40 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Israr Itah

Google Maps

Google Maps

Foto: YouTube
Aplikasi peta itu dilengkapi panduan rute kota yang bisa dilalui pengguna kursi roda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google Maps menambahkan fitur baru yang diharapkan bisa mengakomodasi kebutuhan kaum difabel. Kini, aplikasi peta tersebut dilengkapi dengan panduan rute kota yang menunjukkan jalan mana saja yang bisa dilalui pengguna kursi roda.

Dilansir dari laman Travel and Leisure, Ahad (18/3), Google mengumumkan pada Kamis (15/3) lalu bahwa Google Maps semakin mudah digunakan oleh mereka yang punya kebutuhan khusus dalam mobilitas. Kendati pengguna dapat memanfaatkan Google Mapsto untuk menjangkau tempat transit publik, rute yang ditunjukkan belum tentu mendukung akses kaum difabel berkursi roda atau kebutuhan khusus lainnya.

Saat ini fitur istimewa tersebut menjangkau tiga kota besar dunia yakni Boston, New York, dan London. Google menyatakan pihaknya bekerja sama dengan agensi transit untuk mendata rute mana saja yang nyaman digunakan oleh pengguna dengan kursi rosa. Untuk mengaktifkan fitur ini, cukup ketuk pada opsi Directions dan pilih wheelchair accessible di bawah opsi Route.

Walau baru tersedia untuk pengguna di tiga kota, Google berencana menambah daftar kota besar lainnya. Sejumlah kota yang dipertimbangkan antara lain Tokyo, Mexico City, dan Sydney.

"Kami mencoba berkolaborasi dengan agensi-agensi dari kota lain. Semoga dalam beberapa bulan ke depan ada kota baru yang ditambahkan dalam akses khusus Google ini," demikian pernyataan Google Product Manager Rio Akasaka dalam postingan blog. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA