Sunday, 10 Syawwal 1439 / 24 June 2018

Sunday, 10 Syawwal 1439 / 24 June 2018

Google Lens Siap Rangkul Seluruh Ponsel Android

Kamis 08 March 2018 06:17 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Winda Destiana Putri

Google Lens. Ilustrasi

Google Lens. Ilustrasi

Foto: Ubergizmo
Google Lens merupakan mesin pencari yang bekerja dengan menggunakan gambar.

REPUBLIKA.CO.ID,  Pada Mobile World Congress 2018 bulan lalu, Google mengungkapkan rencana mereka untuk memperluas jangkauan Google Lens dengan merangkul seluruh ponsel Android. Rencana tersebut kini sudah direalisasikan dan semua pengguna ponsel Android bisa memanfaatkan fitur canggih ini.

Google Lens merupakan mesin pencari yang bekerja dengan menggunakan gambar. Fitur ini sebelumnya habya tersedia pafa ponsel Pixel dari Google.

Google Lens diprakarsai oleh sistem visi komputer yang memungkinkan pengguna untuk mencari informasi mengenai suatu objek hanya dengan mengarahkan kamera ponsel mereka terhadap objek tersebut. Dengan didukung oleh kepintaran buatan, alogaritma pada Google Lens dapat mengenali objek tersebut dan memberi informasi yang berkaitan dengan objek tersebut.

 

Baca juga: Google Hilangkan Pilihan 'Lihat Gambar' Saat Pencarian

Fitur Google Lens juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan informasi dari kartu nama hingga menyimpan URL yang terpampang pada poster. Tak hanya itu, fitur Google Lens juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan kepada nomor telepon yang tertulis pada sebuah kertas.

Seperti dilansir UberGizmo, Google Lens juga mampu mengenali bangunan hanya dengan mengarahkan kamera ponsel pada bangunan tersebut. Fitur ini juga bisa menyajikan beragam informasj seputar buku, film, karya seni dan hal lain hanya dengan mengarahkan kamera ponsel pada sampul buku, poster film hingga instalasi museum.

Google Lens bisa digunakan oleh semua pengguna ponsel Android yang sudah menginstalasi Google Photos pada ponsel mereka. Akan tetapi, penerapan Google Lens pada Google Photos di semua ponsel Android akan dilakukan secara bertahap.

Beberapa ponsel Android juga bisa memanfaatkan fitur ini melalui Google Assistant. Beberapa merek ponsel Android yang akan mendapatkan layanan Google Lens ialah Samsung, LG, Motorola, Sony, Nokia dan Huawei.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA