Friday, 8 Syawwal 1439 / 22 June 2018

Friday, 8 Syawwal 1439 / 22 June 2018

Android P Sematkan Fitur Antipembajakan Kamera

Jumat 23 February 2018 11:37 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Winda Destiana Putri

Android P

Android P

Foto: Google
Android P mampu mencegah aplikasi yang dengan diam-diam menggunakan kamera.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Android P disebut-sebut rilis pada pertengahan tahun ini yakni pada gelaran Google I/O Developer Conference. Sistem operasi terbaru yang namanya diambil dari nama Pistachio Ice Cream tersebut dikabarkan menyematkan fitur baru untuk mencegah pembajakan penggunaan kamera dan mikrofon.

Dilansir dari Mashable, fitur ini diungkap oleh XDA-Developers yang menemukan kode baru pada Android P. Android P mampu mencegah aplikasi yang dengan diam-diam menggunakan kamera dan mikrofon tanpa sepengetahuan pengguna smartphone. Dengan sistem keamanan baru ini, para peretas akan kesulitan merekam keseharian pengguna.

Pada 2014, seorang peretas berhasil membobol akses pada kamera Nexus 5, bahkan dengan malware yang berjalan sebagai background. Oleh karena itu, peningkatan keamanan pada Android P diharapkan bisa mencegah kejadian serupa.

ZD Net melaporkan sistem operasi baru Android itu tidak memungkinkan malware bekerja bila aplikasi tidak dijalankan atau menjadi background. Pengamanan yang sama juga diberlakukan pada mikrofon.

Setiap aplikasi memiliki user ID (UID). UID adalah identitas unik yang diberikan Google pada setiap aplikasi yang terpasang. Dengan mengoperasikan Android P, fitur kamera dapat mendeteksi adanya UID yang sedang tidak berjalan. Android kemudian akan memberikan notifikasi dan memblokir akses ke kamera. Sistem pemblokiran inilah yang membatasi gerak aplikasi jahat untuk memata-matai keseharian pengguna.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA