Jumat, 6 Zulhijjah 1439 / 17 Agustus 2018

Jumat, 6 Zulhijjah 1439 / 17 Agustus 2018

Pembaruan iOS 11.3, dari Baterai Hingga Rekam Medis

Ahad 28 Januari 2018 12:26 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Winda Destiana Putri

iOS 11.3

iOS 11.3

Foto: CNet
Versi terbaru dalam sistem operasi ini adalah hadirnya Animoji baru di iPhone X.

REPUBLIKA.CO.ID, Apple memancing antisipasi tinggi atas fitur yang akan hadir di ponsel pintar iPhone dalam pembaharuan perangkat lunak iOS 11.3. Di antaranya adalah kemampuan untuk mematikan fitur kontroversial 'throttling' yang dapat memperlambat ponsel seiring usia baterai mereka.

Versi terbaru dalam sistem operasi ini adalah hadirnya Animoji baru di iPhone X, pembaruan ARKit dan kemampuan untuk catatan kesehatan di aplikasi Health. Disamping itu, terdapat perbaikan untuk Apple Music, Apple News dan HomeKit. Apple menuturkan bahwa iOS 11.3 akan hadir untuk pengguna pada musim semi mendatang dan versi pengembangan rilis.

Baterai dan Performa

Tim Cook telah mengisyaratkan bahawa iOS 11.3 akan membiarkan pengguna menonaktifkan pelambatan pada iPhone lama. Dengan fitur tersebut Apple mengatakan bahwa pengguna dapat melihat apakah fitur manajemen daya bekerja secara dinamis. Agar ketika ponsel bekerja secara maksimal, manajemen daya akan mencegah mati mendadak yang diperkenalkan pada iOS 10.2.1.

Informasi lebih rinci mengenai daya baterai untuk iPhone 6 akan ditulis dalam updaye dan merekomendasikan pengguna jika baterai perlu di service. Pengguna dapat membuka pilihan Setting dan pilih Battery untuk menonaktifkan fitur tersebut.

Pembaharuan tersebut dibuat karena kritik terhadap Apple ketika kinerja iPhone sengaja diperlambat untuk mencegah mati mendadak yang disebabkan oleh baterai yang menua. Perusahaan tersebut menghadapi tuntutan hukum di berbagai daerah seperti Kalifornia, New York, Illinois, Israel dan Prances. Sebagai gantinya, Apple mengeluarkan permintaan maaf di depan publik dan mengurangi biaya penggantian baterai dari 79 dolar AS ke 29 dolar AS.

Pengalaman AR Baru

Sebelumnya iOS 11 memperkenalkan ARKit pada ratusan juta pengguna iPhone dan iPad sehingga menjadikan platform AR terbesar di iOS. Apple terus mengembangkan teknologi ini dengan membawa ARKit 1.5 ke pengembang untuk memberikan pengalaman AR yang lebih dalam. Tujuannya, agar mengintegrasikan dengan dunia dan pengembangan alat untuk memberikan kelebihan pada generasi baru aplikasi AR>

Selain permukaan horisontal seperti meja dan kursi, ARKit sekarang dapat mengenali dan menempatkan benda-benda virtual pada permukaan vertikal seperti dinding dan pintu. Selain itu, ARKit dapat melihhat permukaan berbentuk tidak beraturan seperti meja melingkat secara lebih akurat.

Dengan menggunakan teknk penglihatan komputer tingkat lanjut, ARKit dapat menemukan dan mengenali posisi gambar dua dimensi seperti tanda, poster dan karya seni. Dengan ini, ARKit dapat mengintegrasikan gambar dunia nyata dalam AR. Kamera pun dipertajam dengan resolusi 50 persen lebih besar dan mendukung fokus otomatis untuk perspektif yang lebih tajam.

Animoji Baru dalam Pesan

Animoji telah menjadi tren bagi pengguna iPhone X. Mereka dapat menggunakan suara dan ekspresi wajah mereka untuk merekam dan mengirim pesan Animoji. Bahkan pengguna dapat membuat video karaoke Animoji.

Dengan iOS 11.3, Apple memperkenalkan empat Animoji terbaru, seperti singa, beruang, naga dan tengkorak. Bekerja dengan chip A11 Bionic dan kamera TrueDepth pada iPhone X, lebih dari 50 gerakan otot wajah pengguna ditangkap, dianalisis, yang kemudian diterapakan pada Animoji. Pengguna iPhone X kini memiliki 16 karakter Animoji yang berbeda.

Business Chat

Business Chat adalah cara baru bagi pengguna untuk berkomunikasi langsung mengenai bisnis melalui aplikasi Message. Pilihan dukungan bisnis diantaranya Discover, Hilton, Lowe's dan Wells Fargo.

Dengan fitur ini, pengguna dapat melakukan perakapan dengan perwakilan pelayanan pelanggan, membuat jadwal temu dan melakukan pembelian menggunakan Apple Pay. Business Chat tidak membagikan kontak pengguna dengan rekan bisnis dan memmberi kemampuan pengguna untuk berhenti mengobrol kapan saja.

Catatan Kesehatan di Aplikasi Health

Fitur catatan kesehatan menyatukan rumah sakit, klinik dan aplikasi Health untuk membuat pengguna lebih mudah dalam melihat data medis mereka di beberapa penyedia layanan. Pasien dari institusi medis yang berpartisipasi akan mendapat informasi dari institusi tersebut dalam satu jendela.

Mereka dapat menerima pemberitahuan reguler untuk hasil lab, obat, kondisi kesehatan dan lainnya. Data catatan kesehatan dienkripsi dan dilindungi oleh kode akses.

Fitur tambahan iOS 11.3

Apple Music akan memiliki fitur pemutar video musik. Pengguna dapat melihat video musik yang mereka inginkan tanpa terganggu oleh iklan. Mereka dapat menonton video musik baru, klasik, atau musisi favorit mereka dan memasukkannya di daftar putar video musik.

Selain itu, Apple News kini lebih mudah untuk memperbaharui video terbaru dan terpenting dengan adanya grup video terbaru, For You dan memperbaiki Top Stories. Di samping itu, perangkat lunak HomeKit menyediakan cara baru unutk pengembang agar dapat menambahkan HomeKit pada aksesoris yang ada agar melindungi privasi dan keamanan.

Seperti dilansir dalam laman Daily Mail, pembaruan iOS 11.3 juga memperbarui dukungan untuk Advanced Mobile Location (AML) agar secara otomatis mengirim lokasi pengguna saat membuat panggilan layanan darurat di negara-negara yang didukung AML.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA