Saturday, 7 Zulhijjah 1439 / 18 August 2018

Saturday, 7 Zulhijjah 1439 / 18 August 2018

Google Assistant Tambah Fitur Langganan Baru

Senin 13 November 2017 06:47 WIB

Rep: Noer Qo. Kusumawardhani/ Red: Winda Destiana Putri

Google Assistant

Google Assistant

Foto: The Verge

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google telah menyambut sebuah fitur baru dalam daftar kemampuan Google Assistant. Google ingin membantu pengguna lebih banyak informasi setiap hari.

Seperti yang dikutip dari Digital Trends, Google Allo yang dirilis tahun lalu adalah aplikasi perpesanan cerdas yang disinkronkan ke akun pengguna Google. Dengan Allo, pengguna tidak hanya bisa mengirim pesan teks tetapi juga berkreasi dengan mengirim doodle, stiker, dan emoji.

Allo menyertakan Google Assistant dengan informasi lain seperti saran dan arahan restoran dengan pilihan percakapan satu lawan satu. Dengan fitur berlangganan Allo, Google Assistant akan mengirimkan konten harian, seperti kabar cuaca, fakta menyenangkan, informasi lainnya.

Kini pengguna dapat menerima pembaruan yang sama ke ponsel mereka hanya dengan menggunakan aplikasi Google Assistant. Pengguna  bisa melakukannya dengan mengatakan atau mengetik perintah “kirimi saya fakta yang menyenangkan setiap hari,” dan Google Assistant akan bertanya kapan waktu pengirimannya.

Pengguna kemudian dapat memanfaatkan slot waktu tertentu dan akan menerima pembaruan setiap hari. Selain kabar cuaca dan fakta menyenangkan, pengguna bisa berlangganan puisi, kutipan, video lucu, dan tips.

Pengguna bisa meminta agar konten langganan dikirim beberapa kali setiap hari. Caranya,  dengan mengajukan pertanyaan seperti “Cuaca apa hari ini?” diikuti oleh “kirim setiap hari”.  Google Assistant akan membalas dengan sebuah pesan yang menginformasikan kabar cuaca akan dikirimkan pada waktu yang diinginkan.

Opsi “batalkan langganan” bisa digunakan jika pengguna tidak ingin berlangganan lagi. Pilihan lainnya “tampilkan langgana aktif” yang memberikan penggunan pemberitahuan yang ditetapkan bersamaan dengan waktu yang dijadwalkan untuk dinonaktifkan.

Pengguna dapat mengetuk salah satu langganan aktif untuk membatalkan atau mengedit waktu. Saat langganan aktif berbunyi, pengguna akan menerima pemberitahuan melalui aplikasi Google dan mengetuknya akan membuka Google Assistant .

Perintah pengguna kemudian akan diproses dan diberikan informasi yang benar. Fitur baru ini tersedia untuuk Android dan iOS.

Sumber : Center
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA