Wednesday, 11 Zulhijjah 1439 / 22 August 2018

Wednesday, 11 Zulhijjah 1439 / 22 August 2018

Google Bersihkan Puluhan Aplikasi Terinfeksi Malware

Jumat 15 September 2017 05:28 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Endro Yuwanto

Google

Google

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sedikitnya 50 aplikasi di Google Store dihapus. Ini menyusul adanya malware tersembunyi dalam puluhan aplikasi tersebut.

"Aplikasi itu sekarang telah dihapus, tapi malware tersebut diunduh antara 1 juta hingga 4,2 juta kali sebelum Google menendang aplikasi dari tokonya," kata periset Check Point, sebuah perusahaan keamanan seperti dilansir Time, Jumat (15/9).

Malware yang bernama 'ExpensiveWall' itu disembunyikan di aplikasi wallpaper, video, dan editing foto. Check Point mengatakan, virus akan mendaftarkan konsumen untuk layanan berbayar tanpa sepengetahuan pengguna begitu aplikasi diunduh.

ExpensiveWall merupakan malware layaknya trojan yang sudah dideteksi awal tahun ini. Sejak Januari 2017 kemarin, Check Point menyebut sekitar 5,9 juta hingga 21,1 juta pengguna sudah mengunduh aplikasi malware tersebut.

Check Point mengatakan, malware tersebut lolos dari sistem keamanan Google Play lantaran dikemas dengan teknik tinggi. Meski pembersihan sudah dilakukan sejak 7 Agustus kemarin, Check Point menduga malware kembali menginfeksi sekitar 5.000 perangkat belum lama ini.

"Kami telah menghapus aplikasi ini dari Play Store dan selalu menghargai upaya komunitas untuk membantu menjaga ekosistem Android tetap aman," kata juru bicara Google dalam sebuah pernyataan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA