Rabu, 5 Zulqaidah 1439 / 18 Juli 2018

Rabu, 5 Zulqaidah 1439 / 18 Juli 2018

Berkeliling Gedung Putih Bersama Obama Via Teknologi Virtual Reality

Jumat 05 Mei 2017 04:35 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Winda Destiana Putri

 Oculus Rift virtual reality

Oculus Rift virtual reality

Foto: Dailymail

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Bagi rakyat Amerika Serikat (AS), Gedung Putih bukan sekedar gedung pusat pemerintahan, melainkan sebagai simbol kebanggaan. Maka tidak heran jika banyak warga Amerika Serikat ingin mengunjungi dan melakukan tur di bangunan yang juga menjadi kantor Presiden Amerika Serikat tersebut.

Namun, kini warga Amerika Serikat tidak perlu bersusah payah untuk datang ke Washington DC, Ibukota Amerika Serikat, guna mengunjungi Gedung Putih. Lewat teknologi Virtual Reality (VR), orang dapat melakukan tur ke dalam Gedung Putih. Bahkan, dalam tur tersebut, pengguna aplikasi VR itu ditemani langsung oleh Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barrack Obama, dan mantan ibu negara AS, Michelle Obama.

Inilah yang ditawarkan oleh Felix & Paul Studio dan bekerjasama dengan tim Oculus dari Facebook. Dalam rekaman film berdurasi 22 menit, pengguna VR dapat melakukan tur langsung ke dalam sejumlah bagian Gedung Putih. Bersama Obama, pengguna VR tersebut akan melakukan tur ke sejumlah ruangan di Gedung Putih. Termasuk, Oval Office, Situation Room, Cabinet Room, dan Lincoln Bedroom.

Bahkan, program yang dinamakan ''The People's House'' ini juga menawarkan tur ke Treaty Room, ruang dimana Presiden AS biasanya melakukan aktivitas personal seperti menonton acara olahraga. ''Kami menginginkan dan memastikan orang dapat merasakan memiliki akses sepenuhnya ke Gedung Putih. Sehingga, orang dapat melihat dan memberikan apresiasi terhadap ruangan-ruangan, dimana dulu tempat Presiden Lincoln, Franklin Delano Roosevelt, dan Ronald Reagan, mengambil keputusan yang akhirnya membantu membentuk Amerika Serikat saat ini,'' tutur Obama dalam penjelasannya di rekaman video VR itu seperti dikutip laman Mashable.

Tidak hanya itu, pengguna VR juga akan mendapatkan penjelasan langsung dari Michelle Obama tentang sejarah dari sejumlah ruangan dan furniture serta interior di Gedung Putih. Debut rekaman video VR ini dilakukan di Tribeca Film Festival, beberapa waktu lalu, terutama dalam event Virtual Arcade. Pengambilan gambar untuk kepentingan VR ini memang diambil pada November dan Desember tahun lalu, tepatnya saat Obama masih menjabat sebagai Presiden AS.

Pengalaman berbeda mengunjungi Gedung Putih via VR ini sudah dapat diakses secara gratis lewat Oculus Rift, Samsung Gear VR, dan Facebook 360 Video. Oculus atau Oculus VR adalah sebuah perusahaan teknologi asal Amerika Serikat yang memiliki spesialisasi dalam hal penyediaan hardware dan software untuk VR. Oculus VR pun telah bekerjasama dengan Facebook dalam penyediaan layanan VR.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA