Wednesday, 4 Zulhijjah 1439 / 15 August 2018

Wednesday, 4 Zulhijjah 1439 / 15 August 2018

Android Geser Kedudukan Microsoft Windows Sebagai 'Raja' Sistem Operasi

Selasa 04 April 2017 15:20 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Winda Destiana Putri

Sistem operasi Android. Ilustrasi

Sistem operasi Android. Ilustrasi

Foto: Mashable

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk pertama kalinya, Microsoft Windows tidak menempati urutan pertama sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan di internet sejak 1980-an. Menurut StatCounter, sistem operasi yang berhasil mengeser Microsoft Windows dari singgasananya ialah Android.

Perusahaan analisis web, StatCounter, menemukan bahwa Android merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan dalam penggunaan internet pada bulan lalu. Ini mengindikasikan bahwa ada pergeseran kebiasaan penggunaan internet dari PC komputer menjadi perangkat mobile.

"Ini merupakan kejadian penting dalam sejarah teknologi dan akhir dari sebuah era," kata CEO StatCounter Aodhan Cullen dalam pernyataan resmi seperti dilansir Mashable. Laporan StatCounter mengungkapkan bahwa Android berhasil menggeser kedudukan Microsoft Windows dengan selisih yang sangat kecil, yaitu 0,02 persen. Dari total market, Android mendapatkan persentase sebesar 37,93 persen sedangkan Microsoft Windows mendapat persentase sebesar 37,91 persen.

Baca juga: Trik Optimalkan Android Nougat

Akan tetapi perbedaan yang cukup mencolok terlihat pada pertumbuhan penggunaan Android dan penurunan penggunaan Microsoft Windows dalam satu tahun terakhir. Dalam satu tahun terakhir, pertumbuhan penggunaan Android meningkat tajam akibat terobosan yang dilakukan Android dengan menyasar perangkat mobile. Di sisi lain, penjualan PC Global yang menjadi andalan sistem operasi Microsoft Windows mengalami penurunan sejak 2012 lalu.

Meski begitu, secara global Microsoft masih mendominasi operasi sistem internet yang kuat di beberapa area seperti Amerika Utara, Rusia dan sebagian besar negara Eropa. Di Amerika Utara, kedudukan Android bahkan lebih tertinggal dibandingkan iOS dengan perbedaan persentase hampir sebesar lima persen.

StatCounter menyusun laporan ini berdasarkan data yang mereka ambil dari 2,5 juta website di dunia. Laman-laman tersebut mendapatkan lebih dari 15 miliar pageview setiap bulan. Capaian yang diraih Andorid untuk periode Maret 2017 ini mungkin akan menjadi awal bagi Android untuk menjadi 'raja' sistem operasi di masa depan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA