Monday, 4 Syawwal 1439 / 18 June 2018

Monday, 4 Syawwal 1439 / 18 June 2018

7 Aplikasi Wajib Unduh untuk Berpelesir

Kamis 09 February 2017 06:50 WIB

Rep: Nora Azizah/ Red: Winda Destiana Putri

Berbagai aplikasi sosial media di ponsel

Berbagai aplikasi sosial media di ponsel

Foto: flickr

REPUBLIKA.CO.ID, Musim liburan memang belum datang. Namun bila anda memiliki rencana berlibur dalam waktu dekat, ada baiknya mengunduh beberapa aplikasi wisata berikut.

Kenapa harus diunduh? Laman Phonearena.com sudah melakukan prediksi terhadap aplikasi jalan-jalan yang akan menjadi hits dalam ajang mobile world congress (MWC) di Barcelona, Spanyol, beberapa waktu mendatang.

Ada sekitar tujuh aplikasi yang akan dijagokan dalam ajang tersebut. Jangan khawatir pula karena semua aplikasi tersedia di dalam prlatform Android dan iOS. Simak ulasannya berikut.

City Sightseeing

Seorang wisatawan asing yang terdampar di negara lain sangat memerlukan pemandu wisata. Khususnya untuk memberikan informasi mengenai transportasi. Aplikasi Worldwide City Sightseeing bisa menjadi solusi tepat. Fitur di dalamnya bisa beroperasi di lebih dari 36 negara seluruh dunia. Aplikasi ini merupakan platform terbesar untuk memberikan petunjuk dan informasi mengenai bus dan kapal. Bahkan pengguna bisa menggunakannya untuk membeli tiket dalam waktu 24 jam. Kelebihan aplikasi, pengguna bisa melacak lokasi bus atau kapal hingga pemberhentian yang lengkap sesuai jadwal. Dijamin, pelancong tidak akan tersesat.

TripIt

Butuh layanan travel organizer? Unduh saja aplikasi TripIt. Biasanya untuk mencatat jadwal dan kunjungan objek wisata harus menggunakan beberapa platform. Melalui TripIt, turis bisa merancang selutuh perjalanannya hanya di dalam satu aplikasi. TripIt juga mendukung turis untuk melakukan pemesanan tiket pesawat, hotel, hingga kendaraan di tempat wisata. Bahkan pengguna bisa mencatatnya dari jauh hari sebelum berangkat. Dalam versi Pro Paid atau berbayar, TripIt akan menjadi seperti asisten pribadi bagi pelancong. Salah satunya, akan memberikan informasi mengenai penerbangan secara real time.

Trip Advisor

Aplikasi Trip Advisor memang tidak akan pernah dilupakan para wisatawan. Trip Advisor akan tetap menjadi primadona turis di tahun ini. Kenapa? Karena hanya Trip Advisor yang bisa memberikan informasi 'tak terduga' bagi pelancong. Platform pintar menunjukkan lokasi untuk membeli minuman yang menarik, atau hanya sekadar beristirahat duduk di taman di sebuah kota. Trip Advisor menjadi andalan bagi para pebisnis atau pekerja yang memiliki wakgu berlibur 'colongan' sambil bekerja.

LiveTrekker

Aplikasi LiveTrekker sangat cocok bagi para travel blogger atau pelancong yang gemar menuliskan perjalanannya dalam bentuk jurnal. Platform begitu pintar karena bisa menyimpan rekaman perjalanan tidak hanya dalam bentuk tulisan tetapi juga rute. Ibarat GPS yang diputar ulang, LiveTrekker mampu melakukan hal tersebut lengkap dengan fitur multimedia lainnya. Pengguna juga bisa berbagi foto atau video. Namun rekaman perjalanan memang tidak bisa bertahan lama. Bila ingin melihatnya lebih lama, pengguna bisa membuat grup bersama pelancong lain.

LoungeBuddy

Salah satu kendala yang dialami turis ketika menginjakkan kaki ke negara orang untuk pertama kali, adalah saat tiba di bandara. Namun dengan aplikasi LoungeBuddy pelancong bisa mendapatkan informasi mengenai bandara, salah satunya menemukan lounge airport. Bahkan aplikasi bisa memandu pengguna terkait dengan kartu kredit yang dimiliki. Misalnya, kartu kredit tersebut bisa digunakan di lounge atau tidak.

XE Currency

Kesulitan hitung-hitungan saat pembayaran pasti dialami hampir seluruh turis. Sebab, mengkonversi mata uang di negara sendiri dengan asingemang sulit. Aplikasi XE Currency membuatnya lebih mudah. Turis bisa menghitung uangnya dengan cepat apabila ingin melakulan penukaran. Bahkan aplikasi ini bisa digunakan dalam kondisi offline.

PackPoint

Packing memang menjadi hal yang tak bisa sembarangan sebelum bepergian. Apalagi bila ingin mendarat di negara dengan cuaca tidak terprediksi. Jaket tebal dan sarung tangan menjadi andalan saat musim dingin. Atau baju renang juga tak boleh tertinggal saat summer di pantai. Aplikasi PackPoint akan membantu turis perihal packing barang bawaan. Platform akan memberikan rekomendasi busana yang perlu dibawa sesuai dengan musim di suatu negara. Informasi tersebut diberikan secara real time. Pengguna bisa membuat daftar catatan barang bawaannya pada aplikasi. Bila ada yang terlupa, PackPoint akan membantu mengingatkan dalam bentuk notifikasi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES