Friday, 8 Syawwal 1439 / 22 June 2018

Friday, 8 Syawwal 1439 / 22 June 2018

3 Aplikasi Ini Bantu Orangtua Memantau Aktivitas Online Anak

Kamis 09 February 2017 06:24 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Winda Destiana Putri

Aplikasi di ponsel. Ilustrasi

Aplikasi di ponsel. Ilustrasi

Foto: Google

REPUBLIKA.CO.ID, Kebanyakan anak remaja pada saat ini sibuk menghabiskan waktu dengan menatap layar ponsel mereka. Tak sedikit pula orangtua yang tidak mengetahui aktivitas apa yang dilakukan oleh sang anak dengan ponsel mereka, dengan siapa anak mereka bercakap-cakap dan apa yang menjadi obrolan mereka.

Namun, seiring majunya teknologi, kini para orangtua bisa memantau aktivitas online anak. Cukup hanya dengan mengunduh tiga aplikasi berikut, aktivitas online anak-anak sudah berada dalam panatauan orangtua. Tidak hanya aktivitas online, orangtua juga dapat mengetahui tempat-tempat apa saja yang dikunjungi oleh anak hingga riwayat panggilan telepon.

Net Nanny

Aplikasi ini memungkinkan orangtua untuk mengontrol aktivitas internet anak-anak dari jarak jauh. Orangtua dapat memilih situs yang ingin diblokir dari ponsel anak seperti situs porno, situs berkencan dan lain-lain. Dengan aplikasi ini, orangtua juga mendapat kiriman peringatan jika anak mengetikkan kata kunci tertentu yang cenderung berbahaya seperti ‘bunuh diri’.

Secure Teen

Aplikasi ini memungkinkan orangtua untuk dapat melacak riwayat panggilan pada ponsel anak. Orangtua tahu siapa yang mereka hubungi dan siapa yang menghubungi mereka. Bahkan, aplikasi ini memungkinkan orangtua untuk membaca pesan teks di ponsel anak.

Teen Safe

Dari seluruh aplikasi yang ada, mungkin Teen Safe-lah yang paling canggih. Tidak hanya dapat melacak pesan teks, aplikasi ini juga dapat memberi tahu posisi anak melalui GPS secara akurat. Ketiga aplikasi ini tidak hanya tersedia untuk ponsel pintar saja, tetapi juga dapat diunduh untuk versi dekstop yang bisa dipasang pada laptop dan komputer anak untuk memantau kegiatan online mereka di bawah pengawasan orangtua.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA