Senin, 4 Syawwal 1439 / 18 Juni 2018

Senin, 4 Syawwal 1439 / 18 Juni 2018

LiteBIG, Aplikasi Kirim Pesan Karya Anak Bangsa

Kamis 01 Desember 2016 13:36 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri

Aplikasi di ponsel. Ilustrasi

Aplikasi di ponsel. Ilustrasi

Foto: Google

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemudahan berkirim pesan sudah semakin berinovasi. WhatsApp salah satunya. Hampir semua orang menggunakannya untuk berkirim pesan atau melakukan panggilan telepon.

Tapi jangan salah, Indonesia sebenarnya pun memiliki aplikasi sejenis WhatsApp tersebut. CEO LiteBIG, M. Tesar Sandikapura menjelaskan liteBIG adalah aplikasi gabungan antara messenger dan sosial media yang ringan, mudah dan aman.

Aplikasi ini pertama dimasukkan di Android Playstore pada bulan Agustus 2014. Alasan utama mereka membuat liteBIG adalah ingin menjaga "kedaulatan data" dari bangsa Indonesia. "Dengan membuat messenger yang asli karya anak bangsa ini, maka kami bisa menjamin data-data pribadi yang selama ini banyak tersimpan di aplikasi asing, dapat terjaga dengan baik dan tidak mudah dimanfaatkan," ujarnya dalam jawaban surat elektronik yang dikirimkan Republika Online, Kamis (1/12).

Nama LiteBig sendiri memiliki makna, lite artinya Ringan, BIG artinya besar dan handal. Pihaknya menginginkan liteBIG dapat menjadi aplikasi yang ringan dan mudah dipakai oleh pengguna, namun tetap mempunyai kemampuan yang besar dan handal. "Kami memilih nama liteBIG agar lebih lebih mudah di terima oleh pasar global, kedepannya market kami tidak hanya di Indonesia tetapi juga ke mancanegara," tambahnya.

Saat ini mereka baru saja menembus hampir 600 ribu unduhan hingga akhir November kemarin. Target tahun depan bisa menembus angka lima sampai 10 juta unduhan. Target mereka adalah usia 18 sampai 40 tahun. "Tujuan kami adalah Indonesia dapat berdaulat di sisi teknologi Informasi dan komunikasi. Kami berharap, liteBIG bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri walaupun di tengah-tengah gempuran produk-produk global saat ini."

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES