Saturday, 7 Zulhijjah 1439 / 18 August 2018

Saturday, 7 Zulhijjah 1439 / 18 August 2018

Google Perbarui Fitur Gmail di iOS

Rabu 09 November 2016 14:35 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Winda Destiana Putri

Gmail

Gmail

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fitur Gmail dalam operasting system iOS akhirnya setara dengan Android. Gmail kini dapat diakses lebih cepat dengan penambahan fitur material desain dan beberapa fitur tambahan lain seperti permintaan pengguna.

Itu menjadi pembaruan besar-besaran fitur Gmail dalam platform Apple sejak empat tahun terakhir. Salah satu pembaruan fitur yang paling besar dilakukan adalah fasilitas 'undo' pengiriman email.

Itu memang bukan fitur baru di Android dan Gmail melalui website. Fitur undo sebenarnya merupakan fasilitas yang sudah digunakan setahun lalu dalam dua platform tersebut. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menarik atau membatalkan pengiriman email, kalau-kalau ada kesalahan pesan atau penerima yang terdapat dalam surat eletronik itu.

Kapasitas mesin pencari Gmail dalam platform iOS juga lebih cepat dan dilengkapi dengan pelengkapan secara otomatis atau membenarkan kosakata yang mungkin salah. Pembaruan juga memungkinkan pengguna iOS untuk menghapus email atau memasukannya ke dalam arsip dengan satu kali mengeser layar sentuh.

Meski demikian, belum diketahui pasti alasan Google baru memberikan pembaruan tersebut dalam aplikasi Gmail di iOS. Pasalnya, hal serupa juga terjadi pada pembaruan Google kalender iOS.

Pengguna Apple baru bisa melihat di Google kalender dalam pengaturan perbulan atau perpekan secara landskap. Padahal fitur tersebut sudah bisa dilakukan dalam platform Android cukup lama.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA