Friday, 6 Zulhijjah 1439 / 17 August 2018

Friday, 6 Zulhijjah 1439 / 17 August 2018

Cara Menyimpan Pesan Teks untuk iOS dan Android

Rabu 02 November 2016 20:13 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Winda Destiana Putri

Ponsel

Ponsel

Foto: VOA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesan dalam ponsel baik yang berbentuk teks, gambar maupun video kerap kali diabaikan. Tanpa disadari, terkadang isi pesan tersebut terselip sebuah informasi penting. Sayangnya, karena kecerobohan sendiri, informasi tersebut telah terhapus atau hilang dari ponsel Anda.

Sebelum hal itu terjadi, ada baiknya Ana melakukan langkah antisipasi dengan menyimpan pesan teks Anda sesegera mungkin. Bagi Anda pemilik perangkat Android dan iOS, cara menyimpan teks berikut ini bisa langsung Anda praktekkan.

Cara menyimpan pesan teks di iOS

Anda dapat menyimpan cadangan pesan dengan menggunakan iTunes. Pertama, hubungkan perangkat iOS ke komputer. Pada iTunes, pilih perangkat iOS kemudian klik ikon yang tertera di bagian kiri atas jendela. Buka tab Summary, lalu perhatikan kotak bagian sebelah kanan. Di sisi bawah kotak terdapat menu Manually Back Up and Restore lalu pilihlan tanda Back Up Now. Jika, proses back up telah selesai, maka bagian Latest Backups akan terbaharui secara otomatis.

Cara menyimpan pesan teks di Android

Menyimpan pesan teks pada Android bisa dilakukan dengan menggunakan SMS Backup & Restore. Aplikasi gratis ini dapat diunduh disemua perangkat Android. SMS Backup & Restore dapat menyimpan secara lokal pesan teks cadangan Anda.  Selain itu, bisa pula memindahkan pesan ke komputer ataupun melalui penyimpanan online seperti Google Drive.

Langkah pertama, unduh aplikasi ke perangkat Android Anda kemudian masuk ke menu utama. Klik Backup pada layar perangkat Android Anda untuk membuat cadangan baru. Dari sini, Anda dapat memilih informasi percakapan apa saja yang ingin Anda simpan dan dimana informasi tersebut akan Anda simpan. Anda bisa memilih untuk menyimpan di perangkat lokal, Dropbox ataupun kotak masuk pada email.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA