Selasa, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 Desember 2019

Selasa, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 Desember 2019

Instagram Hadirkan Format Foto Non-Persegi

Ahad 30 Agu 2015 20:41 WIB

Red: Indira Rezkisari

Demo aplikasi Instagram pada ponsel iPhone.

Demo aplikasi Instagram pada ponsel iPhone.

Foto: Karly Domb Sadof/AP

REPUBLIKA.CO.ID, Seperti batasan 140 karakter pada Twitter, sejak awal Instagram hanya memungkinkan penggunanya untuk mengunggah foto dengan rasio 1:1 atau berbentuk persegi.

Hal tersebut dapat menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri, atau bisa jadi kelemahan, tergantung pada penggunanya. Namun, akhir-akhir ini, banyak orang yang mulai mengunggah foto non-persegi di Instagram dengan menggunakan aplikasi lain untuk mengedit foto mereka.

Melihat hal ini nampaknya kebanyakan orang tidak menyukai aspek pembatasan rasio pada Instagram. Jejaring sosial yang fokus pada foto dan (kemudian) video itu akhirnya memutuskan untuk menambahkan dukungan aspek rasio lanskap dan potret.

Pembaruan tersebut hadir di Instagram versi terbaru 7.5 pada iOS maupun Android. Saat memilih gambar, pengguna disediakan sebuah tombol untuk beralih ke rasio asli gambar, bukan rasio 1:1. Setelah itu, pengguna dapat melanjutkan untuk mengedit foto seperti biasa.

Hal itu juga berlaku untuk video. Tidak ada batasan dalam modus lanskap, namun dalam modus potret jika pengguna mengunggah dalam rasio 16:9 (vertikal), maka akan dipotong untuk menyesuaikan dalam rasio 4:3.

Meski menghadirkan gambar lanskap dan potret, Instagram masih menyajikan tampilan thumbnail persegi baik untuk foto maupun video pada profil. Pembaruan ini menunjukkan bahwa Instagram bersedia untuk mendengarkan penggunanya, demikian GSM Arena.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA