Friday, 14 Sya'ban 1440 / 19 April 2019

Friday, 14 Sya'ban 1440 / 19 April 2019

Kini Penggunaan Listrik Rumah Tangga di Australia Bisa Dipantau Lewat Ponsel

Jumat 29 May 2015 20:14 WIB

Red:

abc news

abc news

REPUBLIKA.CO.ID, PERTH -- Lembaga riset utama Australia CSIRO berhasil mengembangkan teknologi yang memungkinkan rumah tangga menghemat penggunaan listrik dan uang mereka. Caranya hanya dengan satu sentuhan kecil di ponsel pintar mereka atau tablet.

Teknologi baru yang dikenal dengan sebutan Eddy ini mampu melacak penggunaan listrik dan memberikan saran atau rekomendasi untuk membantu menghemat penggunaan energi di rumah. Teknologi ini sekarang sedang diujicobakan di sejumlah rumah yang dipilih di Perth.

 

"Teknologi ini dirancang agar dapat digunakan diseluruh rumah tangga di Australia, pada dasarnya kita hanya mengubah alat pemutus aliran listrik otomatis atau circuit breaker di rumah dan menggantikannya dengan alat lain ditempatnya yang dapat memberikan informasi berapa banyak aliran listri yang mengaliri sirkuit itu dan juga  memungkinkan penggunaan alat pengendali jarak jauh," kata peneliti utama proyek ini, Glenn Platt baru-baru ini.

 

"Alat ini dapat menyediakan rekomendasi yang bisa diubah sesuai kebutuhan, misalnya pada pagi hari penggunaan listrik di suatu rumah sangat tinggi, alat ini bisa memberitahu atau menyarankan hal ini terjadi karena kemungkinan ada masalah dengan peralatan elektronik di rumah tersebut," katanya. 

 

"Sistem ini juga memungkinkan orang mengoperasikan alat elektronik di rumah mereka dengan menggunakan alat pengendali jarak jauh, mereka bisa menyalakan pendingin ruangan atau mematikan oven jika mereka lupa melakukannya."

 

Pengoperasian alat Eddy ini hanya membutuhkan sambungan internet yang kemudian ditambahkan alat pengukur aliran listrik pintar berukuran kecil dan teknologi komputasi awan yang bisa mengendalikan peralatan elektronik dari jarak jauh, seperti AC, sistem pemanas air, pompa kolam renang dan perabotan elektronik di rumah lainnya.

 

Alat ini juga dilengkapii fitur yang memungkinkan penggunanya ambil bagian dalam skema pengelolaan kebutuhan listrik dari pemerintah, dan juga fitur pemberian reward atau hadiah bagi rumah tangga yang berhasil menekan penggunaan listrik mereka pada jam-jam beban puncak penggunaan listrik, "kata Platt.

 

"Sangat penting untuk menyadari bahwa sistem Eddy ini tidak hanya menguntungkan pemilik rumah tapi juga dapat memberikan manfaat bagi sistem kelistrikan."

 

Platt mengatakan perusahaan listrik sedang mencari cara agar sistem Eddy ini dapat dikomersilkan dengan harga bersubsidi kepada rumah tangga di Australia agar bisa memberikan keuntungan pada jaringan yang lebih luas.

 

Sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-05-29/kini-penggunaan-listrik-rumah-tangga-di-australia-bisa-dipantau-lewat-ponsel/1453322
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA