Minggu, 18 Zulqaidah 1440 / 21 Juli 2019

Minggu, 18 Zulqaidah 1440 / 21 Juli 2019

Android Tidak Benar-Benar Diciptakan Google?

Senin 21 Apr 2014 11:18 WIB

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: Citra Listya Rini

Android.

Android.

Foto: wired.com

REPUBLIKA.CO.ID, Tak bisa dipungkiri, sistem operasi Android saaat ini menjadi salah satu yang paling populer di dunia. Android saat ini dikenal sebagai platform besutan Google setelah perusahaan mesin pencarian ini sukses membawanya secara global.

Tapi tahukah Anda jika Android tidak benar-benar dilahirkan di Googleplex? Dilansir Phone Arena, Senin (21/4), ditahun 2005 Google mulai mengakuisis Android, dua tahun setelah sistem operasi ini dikembangkan.

Menariknya, Android yang mulai berjalan pada Oktober 2003 ini bukan sengaja diciptakan sebagai platform sebuah ponsel, melainkan untuk perangkat kamera digital. Sebuah gagasan dikembangkan dari insiyur IT dan pecinta robot avid, Andy Rubin, bersama tim kecilnya.

Tim ini menyadari pasar kamera digital tidak cocok dengan usahanya dan mengubah target ke industri ponsel. Rubin kemudian memimpin proyek ini. Rubin disendiri sudah memiliki pengalaman di perusahaan bernama Danger, sebuah start-up pembuat T-Mobile Sidekick.  

Platform buatan tim Rubin ini sebenarnya sudah berjalan dengan baik. Sampai satu setengah tahun kemudian, Android kehabisan uang. Rubin kemudian menemui Samsung untuk menawarkan teknologinya. Namun Samsung justru mentertawai ide untuk membeli Android yang baru lahir itu.

Penolakan ini rupanya menjadi keberuntungan Google, ketika Android menemuinya pada tahun 2005. Google sepakat untuk mengambil alih proyek dan membenamkan investasi di dalamnya. Di sinilah Android kemudian mulai dipopulerkan dan tumbuh menjadi sistem operasi terbesar. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA