Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Muslimbook Usung Misi Tandingi Facebook

Rabu 04 Aug 2010 01:29 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Muslimbook

Muslimbook

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Laman jejaring sosial islami kian populer diberbagai negara. Usai muslimunite.com sukses menjaring popularitas dari kalangan mahasiswa, profesional hingga ibu rumah tangga, laman jejaring islami lain segera bermunculan.

Paling kini, telah hadir laman jejaring sosial islami yang didesain mirip dengan Facebook namun mengetengahkan nuansa islami dalam konten dan fitur. Laman itu beralamat di www.muslimbook.com.

Serupa tapi tak sama, Muslimbook memang diadaptasi untuk menandingi Facebook. Jadi, jangan heran bila ada situs mengadopsi bermacam fitur Facebook namun dimodifikasi untuk ajaran islam. Pada bagian depan laman, tertulis "Terhubung dan berbagi dengan orang-orang di sekitar anda". Dibawahnya, terdapat ikon individu yang mengenakan hijab.

Salah seorang pendiri Muslimbook,  Zaid al Mansouri, mengatakan meski menyerupai Facebook, desain tema telah terdaftar dan tidak melanggar hak cipta. "Akun anti-Islam  telah dibuat di Facebook, termasuk salah satunya menyebut diri mereka "Saya Anti Islam" serta akun lain yang mengolok-olok kaum perempuan Muslim untuk mengenakan jilbab. Karena itu, Muslimbook berusaha memperbaiki hal itu," kata dia seperti dikutip dari Ahlul Bayt News Agency, 2 Agustus.

Keberadaan lama jejering sosial islami muncul setelah bermunculan kasus yang menjelekkan islam di Facebook. Alasan lain, Facebook jauh dari kesan islam dan kurang efektif memperkenalkan islam kepada dunia. 

Seiring waktu, laman-laman pertemanan bertemakan Islami menjadi alternatif lain yang cukup populer diberbagai komunitas muslim di seluruh dunia. Popularitasnya memang belum menandingi Facebook atau Twitter. Namun perkembangan laman jejaring sosial macam tadi ikut memberi warna baru dalam revolusi interaksi dunia maya yang selama ini jauh dari kesan Islami.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA