Selasa, 10 Zulhijjah 1439 / 21 Agustus 2018

Selasa, 10 Zulhijjah 1439 / 21 Agustus 2018

Telkomsel Lirik Layanan Mobile Banking Berbasis Pesan Teks

Kamis 12 April 2018 21:38 WIB

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Karta Raharja Ucu

 Salah satu outlet Telkomsel.

Salah satu outlet Telkomsel.

Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Telkomsel termotivasi mengembangkan layanan mobile banking

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Melihat perkembangan digitalisasi sektor keuangan, Telkomsel termotivasi menggembangkan layanan aplikasi mobile banking berbasis SMS. VP Mobile Banking and Digital Advertising Telkomsel Harris Wijaya, mengatakan dalam waktu dekat Telkomsel akan mengeluarkan aplikasi mobile banking berbasis SMS. Yang membedakan aplikasi mobile banking berbasis SMS yang dikembangkan Telkomsel dengan yang lainnya adalah keandalan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan aplikasi serupa yang sudah ada.

Jika applikasi perbankan yang sudah ada harus menggunakan ponsel dan didukung layanan jaringan broadband yang mumpuni. Namun, dengan aplikasi mobile banking berbasis SMS, pelanggan Telkomsel yang tidak mendapatkan layanan broadband atau masih menggunakan feature phone, masih dapat melakukan transaksi perbankan dengan mudah dan aman.

''Belum lagi bicara ketersediaan sinyal, dengan aplikasi berbasis SMS, meskipun berada dalam wilayah yang minim konektivitas atau sinyal satu bar pun, transaksi tetap bisa dilakukan,'' kata Harris melalui keterangan tertulis pada Kamis (12/4).

Selain andal, Harris menjamin seluruh transaksi melalui aplikasi mobile banking berbasis SMS jauh lebih aman dibandingkan aplikasi perbankan serupa yang sudah ada. Sebab dalam transaksi menggunakan SMS banking, Telkomsel melengkapi dengan PIN dan one time password (OTP).

''Alhamdulilah sejak tahun 2002 hingga saat ini belum pernah ada kasus penggelapan terjadi melalui SMS banking Telkomsel,'' ungkap Harris.

Hal itu karena setiap transaksi yang menggunakan SMS banking Telkomsel dilengkapi dengan PIN dan OTP. Dengan tingkat keamanan seperti itu, kata Harris, banyak bank dan pelanggan Telkomsel yang masih setia untuk terus menggunakan layanan SMS banking.

Hingga 2018, setidaknya sudah ada 12 juta pelanggan Telkomsel yang terdaftar dan menikmati layanan SMS banking. Dari jumlah tersebut setidaknya ada delapan juta pelanggan aktif setiap bulannya. Lalu lintas penggunaan SMS banking juga terus menggalami pertumbuhan. Pada 2017, pertumbuhan lalu lintas layanan SMS banking Telkomsel mencapai 11 persen.

Keunggulan lainnya dari aplikasi mobile banking berbasis SMS Telkomsel adalah dapat terhubung dengan 74 mitra bank yang telah bekerja sama dengan Telkomsel. Sehingga dengan satu aplikasi, pelanggan Telkomsel yang memiliki lebih dari satu rekening di bank berbeda tidak perlu mengunduh aplikasi e-banking masing-masing bank.

Bahkan Telkomsel membuka peluang untuk bekerja sama dengan bank swasta nasional maupun BPD yang belum memiliki aplikasi e-banking. ''Menggembangkan aplikasi e-banking itu bukan pekerjaan yang mudah dan murah. Tapi Telkomsel melihat potensi di sana,'' ungkap Harris.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA