Selasa, 4 Zulqaidah 1439 / 17 Juli 2018

Selasa, 4 Zulqaidah 1439 / 17 Juli 2018

Telkom Apresiasi Penerapan Kota Pintar di Sleman

Selasa 26 Desember 2017 07:25 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih

Smart City/ilustrasi

Smart City/ilustrasi

Foto: wikimedia

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pemerintah Kabupaten Sleman kembali meraih penghargaan. Kali ini, penghargaan datang dari PT Telkom Indonesia sebagai kabupaten/kota yang telah mengimplementasikan Smart City.

Penghargaan diberikan General Manager Telkom Yogyakarta, Firmansyah langsung kepada Bupati Sleman, Sri Purnomo. Firmansyah menegaskan, ini jadi wujud dukungan Telkom Indonesia atas Smart City.

 

Dalam waktu dekat Telkom akan pula memberikan apresiasi berupa aplikasi Hi City. Terlebih, Kabupaten Sleman menjadi satu-satunya kabupaten/kota di DIY yang mendapatkan penghargaan itu.

 

"Di DIY hanya Sleman, kalau di Jawa Tengah ada Kota Semarang," kata Firmansyah, Senin (25/12).

 

Aplikasi Hi City merupakan panduan yang dapat digunakan wisatawan mengeksplorasi destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sleman. Demi mendukung itu, Firmansyah mengaku Telkom telah siapkan 10 pojok wifi.

 

Ia menilai, masalah tempat tinggal dibicarakan dan diserahkan ke Kominfo terkait penempatannya. Selain itu, Telkom akan memberikan satu lagi aplikasi yaitu E-Pelaporan.

 

"Aplikasi ini dapat diakses melalui Android dan iOS, melalui aplikasi ini masyarakat Sleman dapat melaporkan hal-hal melalui gadget (gawai) masing-masing," ujar Firmansyah.

 

Usai menerima penghargaan, Bupati Sleman, Sri Purnomo menegaskan jika Kabupaten Sleman telah berkomitmen membangun Smart Regency. Sebelumnya, sukses pula disusun masterplan pengembangan Smart City.

 

Menurut Sri, masterplan berisikan program sampai 10 tahun ke depan. Selain itu, Kabupaten Sleman telah merampungkan lima program quick win. Salah satunya, pembangunan Sleman Smart Room di Diskominfo.

 

"Komitmen Pemkab Sleman dalam Gerakan Menuju 100 Smart City di Indonesia," kata Sri.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA