Rabu 01 Nov 2017 18:04 WIB

Kompetisi Aplikasi Digital Telkom Hackathon Kembali Digelar

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Para raksasa teknologi digital
Foto: TELEGRAPH
Para raksasa teknologi digital

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--- Telkom kembali menggelar kompetisi Telkom Hackathon yang puncaknya akan dilaksanakan pada Januari 2018. SVP Media dan Digital Business PT TelkomJ oddy Hernady mengatakan kompetisi ini dilakukan untuk mendukung tumbuhnya entrepreneur digital di Indonesia.

Menurut Joddy, Telkom Hackathon merupakan kompetisi pembuatan aplikasi dalam 24 jam yang memanfaatkan teknologi informasi untuk memecahkan permasalahan nasional. Khususnya, di bidang yang saat ini bertransformasi ke digital secara cepat seperti ecommerce, fintech, logistik, dan lainnya.

Melihat animo yang sangat baik dari tahun-tahun sebelumnya, Joddy optimistis dapat menghasilkan lebih banyak lagi aplikasi yang bermanfaat dari para entrepreneur digital yang kian tumbuh dan berkembang pesat di Indonesia.

Namun, kata dia, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut tahun ini ada yang berbeda. Yakni, seluruh peserta Telkom Hackathon akan mengikuti berbagai tahap yang disiapkan Telkom antara lain memahami API (Application Programming Interfaces) yang disediakan Telkom.

Kemudian, kata dia, mengumpulkan prototipe aplikasi, mengikuti tahap workshop, mentoring and coaching, dan inkubator. Seluruh kegiatan, akan diadakan di Digital Valley Telkom yang merupakan tempat berkumpul para penggiat industri digital.

"Pemenang Telkom Hackathon berhak mendapatkan hadiah total ratusan juta rupiah," katanya.

Telkom Hackathon, kata dia, akan menjaring seluruh potensi generasi muda di Indonesia dan juga dilakukan workshop di berbagai kota besar yang memiliki banyak penggiat industri digital. Yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang dan Makassar. Proses penjaringan peserta, akan menggandeng universitas-universitas yang memiliki potensi pengembang aplikasi dan juga pusat-pusat pendidikan yang khusus di bidang IT.

Cara mendaftar kompetisi ini, kata dia, cukup mudah. Peserta mengirimkan konsep dan prototipe aplikasi melalui portal yang disediakan khusus untuk Telkom Hackaton, kemudian akan disaring mengikuti tahap selanjutnya.

Penilaian final, kata dia, direncanakan akan dilakukan pada tanggal 27-28 Januari 2018. Untuk informasi lebih lengkap peserta dapat memfollow akun twitter, instagram dan facebook ke @telkomdigital. Peserta yang lolos masuk babak final, kata dia, akan mendapatkan kesempatan coaching clinic dari pakar industry untuk kemudian memperbaiki prototipe yang semula diajukan sebelum pitching dihadapan para juri yang ditunjuk Telkom mewakili para ahli di berbagai bidang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement