Sunday, 10 Rabiul Awwal 1440 / 18 November 2018

Sunday, 10 Rabiul Awwal 1440 / 18 November 2018

Kubica Gantikan Alonso di Renault

Jumat 09 Oct 2009 00:16 WIB

Red:

OXFORD--Robert Kubica akan menggantikan posisi Fernando Alonso di tim Renault F1 musim depan. Tidak ada penjelasan rinci tentang durasi kontrak. Hanya disebutkan kontrak Kubica dimulai tahun 2010.

Kubica sudah empat tahun memperkuat BMW-Sauber. Ia diburu banyak tim karena BMW-Sauber mengumumkan pengunduran diri dari kompetisi balap F1 sejak akhir musim ini. Selain Renault, Toyota, dan Williams juga berminat menarik pembalap berusia 24 tahun ini. Namun Kubica lebih memilih Renault, meski tim tersebut baru-baru ini diterpa masalah terkait pengaturan balapan di GP Singapura tahun lalu.

Kubica memenangkan GP Kanada musim lalu. Pembalap asal Polandia ini akan menggantikan posisi Fernando Alonso yang memilih pindah ke Ferrari musim depan. "Saya sangat bahagia akan bergabung dengan Renault di musim 2010," ujar Kubica, Kamis (8/10).

Kubica menyatakan dirinya merasa punya hubungan khusus dengan Renault, karena memenangkan seri balap dunia Renault pada 2005. Kemenangan ini membuka jalannya melakukan test bersama Renault di F1 dan kemudian bergabung ke BMW-Sauber.

"Saya membagi mental juara yang kuat bersama Renault dan merasa nyaman dengan keramahan dan keterbukaan mereka," cetusnya. "Saya merasa sangat termotivasi dan optimistis bahwa bersama kami bisa berada di depan tahun depan dan semoga bisa bertarung untuk gelar juara."

Renault sedang berupaya bangkit dari keterpurukan setelah mendapat hukuman larangan berkompetisi. Beruntung, ini hanya sebatas hukuman percobaan yang berlaku jika dalam dua musim ke depan melakukan tindak tidak sportif seperti di GP Singapura tahun lalu.

Mantan bos Renault, Flavio Briatore, mendapat larangan terlibat di olahraga balapan seumur hidup, sedangkan mantan kepala mekanik, Pat Symonds, dihukum lima tahun.

Kubica menjadi fenomena di F1 karena keuletan dan kemampuannya. Dia tipikal pembalap yang cepat dan agresif. Jalannya menuju F1 sangat berliku karena tidak didukung kekayaan keluarga dan berasal dari negara yang belum pernah terlibat di F1.

Meski menunjukkan hasil tes impresif bersama Renault, ia justru diambil BMW-Sauber sebagai test driver. Kubica naik posisi, menggantikan Jacques Villeneuve saat musim 2006 berjalan setengahnya.

"Sejak Robert membuat debutnya pada 2006, dia telah berada dalam radar kami sebagai satu dari pembalap hebat dengan bakat alami pada generasinya," kata Bob Bell, bos Renault pengganti Briatore.

Menurut Bell, Kubica menunjukkan bukti prediksi banyak pihak terhadap kemampuannya. Renault, kata Bell, merasa luar biasa memastikan Kubica membalap untuk mereka tahun depan. "Renault punya ambisi dan harapan besar di masa depan. Kami merasa Robert bisa memainkan peran besar untuk memenuhi ambisi itu," sebut Bell.

Renault, juara dunia kunstruktor 2005 dan 2006, tidak menjelaskan pembalap pendamping Kubica. Saat ini, Renault menggunakan pembalap rookie asal Prancis, Romain Grosjean. reuters/isr/eye

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES