Tuesday, 12 Rabiul Awwal 1440 / 20 November 2018

Tuesday, 12 Rabiul Awwal 1440 / 20 November 2018

Dua Pesilat Gabung Program Atlet Andalan Lanjutan

Rabu 12 Aug 2009 05:28 WIB

Red:

JAKARTA--Dua pesilat peraih medali emas Asian Martial Art Games (AMAG) 2009 di Thailand, belum lama ini, Pujo dan Komang Wahyu, dipastikan menjadi penghuni skuad Program Atlet Andalan Lanjutan (PAAL). Keduanya akan menambah jumlah pesilat di PAAL. Sebelumnya, Luftan Budi dan Ni Nyoman Suparniti, yang juga meraih emas di ajang tersebut sudah lebih dulu bergabung.

''Dari awal memang tidak diusulkan untuk menghuni skuad PAAL karena dianggap peluangnya sangat tipis. Makanya, begitu mereka berprestasi kami langsung mengusulkan namanya untuk menjadi penghuni skuad PAAL,'' ujar Sekjen Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI), Oyong Karmayudha, Selasa (11/8).

Oyong menegaskan, prestasi yang diraih Pujo dan Komang Murni dari hasil pembinaan yang dilakukan perguruannya. Kedua pesilat itu dijaring dari hasil seleksi beberapa kejuaraan yang digelar PB IPSI. Diharapkan dengan masuknya PAAL, prestasi pencak silat semakin meningkat. Apabila tidak, pihaknya memang akan kembali mengeluarkan atlet-atlet tersebut.

PAAL bertujuan mengangkat kembali prestasi olahraga pencak silat. Pasalnya, induk-induk organisasi diberikan wewenang penuh dalam hal menentukan atlet dan pelatih. PAAL tidak pernah menentukan atlet maupun pelatih yang direkrut. ''Semuanya berdasarkan usulan dari PB IPSI. Keberadaan PAAL itu sangat membantu dalam upaya mengangkat prestasi pencak silat,'' jelas Oyong.

Komandan PAAL, Achmad Soetjipto mengatakan pihaknya akan menerima usulan PB IPSI untuk memasukkan Pujo dan Komang sebagai penghuni skuad PAAL. ''Pujo dan Komang memang sejak awal tidak terdaftar pada usulan PB IPSI. Jadi, kita siap menerima mereka, apalagi, keduanya sudah menunjukkan prestasi yang cukup menggembirakan,” tegasnya.

Pada AMAG 2009, PAAL mengirimkan 12 atlet yang menyumbangkan tiga medali emas, dua perak dan dua perunggu. Sedangkan 15 atlet pelatnas menyumbangkan dua emas, tiga perak, dan tiga perunggu. Sebelumnya, PAAL juga mengirimkan beberapa atlet ke berbagai even internasional dengan prestasi yang boleh dibilang cukup membanggakan.

Lifter Eko Yuli Irawan merebut gelar juara dunia pada Kejuaraan Angkat Besi Dunia 2009. Begitu juga dengan pebiliar Ricky Young yang meraih gelar juara di turnamen biliar internasional setelah mengalahkan juara dunia di Filipina, beberapa bulan lalu. Hasil yang menggembirakan juga diukir pembalap putri Santia Tri Kusuma yang meraih emas pada Kejuaraan Balap Sepeda Asia 2009 di Jepang. lhk/eye

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES