Monday, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Monday, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Ken Zuraida: Mas Rendra, Aku Mencintaimu

Sabtu 08 Aug 2009 00:22 WIB

Red:

JAKARTA -- Ken Zuraida, istri WS Rendra melepas jenazah suaminya dengan ikhlas sambil mengungkapkan perasaaan cinta kepadanya.

"Saya tidak patut menjadi guru di bengkel Teater. Sebagai istri saya kurang bekti (Berbakti). Aku cinta padamu...," kata Ken yang terlihat terbata ketika diminta tampil untuk berbicara pada acara pelepasan jenazah almrhum WS Rendra sebelum disholatkan di Bengkel Teater, Citayam, Depok, Jawa Barat, Jumat.

Ken mengungkapkan dirinya merupakan asisten, murid, musuh, partner, pembantu dari seniman pendiri teater Indonesia, WS Rendra. "Saya ingin mengajak putra-putri Bengkel Teater untuk melepas almarhum dengan lagu singgah-singgah," katanya.

Beberapa anggota Bengkel Teater kemudian berdiri dan menyanyikan lagu singgah-singgah yang berlirik bahasa Jawa.

Para pelayat termasuk Putu Wijaya, budayawan Mudji Sutrisno SJ, pelawak Tarzan, pimpinan RRI Parni Hadi dan Menbudpar Jero Wacik tertunduk dan terhanyut haru mendengarkan istri almarhum dan para personil Bengkel Teater menyanyikan lagu itu.

Kemudian tokoh pendidik, Arif Rahman memimpin doa untuk melepas kepergian almarhum WS Rendra, sebelum dibawa ke masjid di sebelah Bengkel Teater untuk disholatkan dalam sholat Jumat.

Tempat makam budayawan dan penyair WS Rendra yang meninggal dunia, pada Kamis (6/8) malam sekitar pukul 21:30 WIB, tidak jauh dari Mbah Surip, sekitar sepuluh meter.

"Tempatnya memang sudah dipersiapkan sejak lama. Rendra juga minta dimakamkan di bawah pohon rindang," kata adik ipar WS Rendra, Iwan Burnani, ketika ditemui ANTARA, di rumah duka Bengkel Teater Rendra, di Depok, Jumat pagi.

Karangan bunga duka cita pun menghiasi tempat Bengkel teater tersebut, seperti dari Dirut Lembaga Penyiaran Publik (LPP), Parni Hadi, Keluarga Teater Alam Yogya, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik, artis Connie Constantia, Forum Harmoni Nusantara, Jenderal (Purn) TNI Wiranto, dan Surabaya Community Sedhuluran Sampek Matek.

Menurut Iwan, Rendra telah dua bulan dirawat di rumah sakit akibat sakit jantung dan ginjal. WS Rendra sempat dirawat di RS Harapan Kita Jakarta kemudian sempat dirawat di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading.

Pada Selasa (4/8), Rendra sudah dibolehkan pulang dan menginap di rumah Clara Shinta yang tidak jauh dari dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok. Namun tiba-tiba penyakitnya kambuh dan dirawat di Rumah sakit Mitra Keluarga Depok, dan menghembuskan nafas terakhirnya. ant/ahi

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES