Selasa 22 Jun 2010 09:52 WIB

Chile Tekuk 10 Pemain Swiss 1-0

Chile Tekuk 10 Pemain Swiss 1-0

REPUBLIKA.CO.ID, PORT ELIZABETH--Chile membuka peluang untuk lolos dari fase grup. Berlaga menghadapi Swiss dalam lanjutan Grup H Piala Dunia 2010 di Nelson Mandela Bay, Port Elizabeth, Senin (21/6), Chile unggul 1-0.

Kemenangan Chile tak lepas dari pincangnya kekuatan skuad Swiss. Swiss tampil hanya dengan 10 pemain setelah wasit Khali Al Ghamdi dari Arab Saudi tanpa ampun menghadiahi Valon Behrami kartu merah usai dirinya tertangkap sang pengadil itu melakukan kontak fisik dengan pemain Chile di menit ke-31. Ulah Behrami dianggap wasit merupakan pelanggaran keras.

 

Kalah jumlah pemain membuat Swiss memilih bertahan. Sesekali skuad asuhan Ottmar Hitzfeld ini melakukan serangan balik melalui striker Blaise Nkufo.

Di lain pihak, Chile terus membombardir pertahanan Swiss. Striker Alexis Shancez begitu bersinar pada laga malam ini. Aksi-aksinya kerap membuat spot jantung kubu Swiss naik turun. Terlebih peluang-peluangnya terbilang nyaris membuahkan gol. Namun, hingga babak pertama berakhir, gol tak juga mampu dicetak Chile.

Memasuki babak kedua, Chile terus menekan. Akhirnya tim dari Amerika Selatan ini memecah kebuntuan di menit ke-74. Diawali dari pergerakan Paredes yang mematahkan jebakan offside, melewati kiper Diego Bernaglio ke sisi kiri pertahanan lawan, dalam situasi yang tak terkawal ia mengirim umpan lambung ke Mark Gonzales yang menanduknya merobek jala Swiss. Skor 1-0 untuk Swiss bertahan hingga pertandingan usai.

Chile kini telah memetik dua kali kemenangan di Grup H. Sebelumnya Chile juga sukses menekuk Honduras 1-0. Dengan demikian, di laga terakhir grup, Chile hanya butuh hasil imbang lawan Spanyol untuk memastikan lolos ke 16 besar.

Susunan Pemain

Chile:

1-Claudio Bravo; 4-Mauricio Isla, 17-Gary Medel, 3-Waldo Ponce, 8-Arturo Vidal, 6-Carlos Carmona, 18-Gonzalo Jara, 14-Matias Fernandez, 9-Humberto Suazo, 15-Jean Beausejour, 7-Alexis Sanchez

Swiss:

1-Diego Benaglio; 2-Stephan Lichtsteiner, 13-Stephane Grichting, 5-Steve Von Bergen, 17-Reto Ziegler; 11-Valon Behrami, 8-Gokhan Inler, 6-Benjamin Huggel, 16-Gelson Fernandes; 9-Alexander Frei, 10-Blaise Nkufo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement