Selasa 08 Jun 2010 03:11 WIB

Humberto Suazo (Chile): Top Skor di Atas Striker Brasil-Argentina

REPUBLIKA.CO.ID, Humberto Suazo adalah top skor kualifikazi Amerika Selatan dengan sepuluh gol. Ia

mengungguli striker terbaik dari Brasil atau Argentina dan Paraguay serta Uruguay.

Suazo terkenal memiliki tendangan akurat dan jika dibiarkan beberapa sentimeter saja, Suazo akan membuat bek pengawalnya menyesal.

Suazo mulai menarik perhatian ketika ia memperlihatkan betapa hebat finishing-nya saat bermain di klub divisi tiga Chile musim 2003-2004. Bermain di klub San Luis, ia mencetak 40 gol dari 40 pertandingan.

Musim berikutnya ia hijrah ke Audax Italiano di mana dalam dua tahun ia mencetak 40 gol dalam 62 pertandingan. Baru tahun 2007, ia mendarat di klub top Colo-Colo dan tetap produktif dengan 52 gol dari 54 pertandingan.

Senjata utama Suazo ada pada tendangannya yang keras dan tepat. Hal ini tetap diperlihatkannya di level tim nasional.

Pada kualifikasi lalu, ia menjadi topskor zona Amerika Latin dengan 10 gol. Tak heran ia menjadi tumpuan utama pelatih Chile Marceloa Bielsa untuk bisa menjebol gawang Honduras, Swiss, dan musuh utama di Grup H, Spanyol.

Kemampuan menembakkan bola Suazo antara kaki kiri dan kaki kanan sama baiknya. Ia gemar menerima bola di kaki dan membawanya ke kotak penalti meski dijaga ketat pemain lawan. Sebuah celah kecil sekalipun akan menjadi kesempatan bagi Suazo melesakkan bola ke gawang lawan.

Kehebatannya ini yang membuat Bielsa tak bisa melupakan pemain yang musim ini dipinjamkan ke klub Spanyol Real Zaragoza. Cedera yang dialami Suazo pada laga uji coba akhir Mei lalu hampir memastikan dirinya absen pada laga pembuka Chile di Piala Dunia 2010. Namun Bielsa memilih tetap membawanya.

Striker berusia 29 tahun itu mengalami cedera hamstring ketika membantu Chile membombardir Israel pada laga persahabatan, Senin (31/5) siang WIB. Suazo yang mencetak gol pembuka 'La Roja' kini harus menjalani pemulihan cukup lama.

Suazo bisa jadi harus menghabiskan sekira dua pekan untuk memulihkan cedera. Sementara, kick off Piala Dunia Afrika Selatan tinggal beberapa hari lagi. Untuk sementara, striker Colo Colo, Esteban Paredes, menjadi kandidat utama menggantikan posisi Suazo di lini depan skuad asuhan Bielsa.

sumber : Berbagai sumber
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement