Senin 07 Jun 2010 02:22 WIB

Lomba Perkutut di Jakarta Timur Banjir Peminat

Rep: C29/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Sebanyak 191 burung perkutut dilombakan untuk memperebutkan Piala Bergilir Walikota Jakarta Timur 2010, di lapangan Bank DKI, Jl Dr Sumarno, Cakung, Ahad (6/6). Kegiatan tersebut memeriahkan HUT Kota Jakarta ke-483. Seluruh peserta berasal dari Jabodetabek.

Wakil Wali Kota Jakarta Timur, Asep Syarifudin, menyambut baik kegiatan itu. Menurut Asep, kegiatan yang baru pertama kalinya digelar ini, melestarikan burung perkutut agar tidak punah.

“Jangan lupa memperhatikan kebersihan lingkungan, kandang dan mensertifikasi unggas kesayangan tiap enam bulan sekali,” tegasnya saat membuka lomba. Dia mengatakan hal itu sudah diatur dalam Perda 4 tahun 2007 dan Pergub 146 tahun 2007 tentang Pengendalian, Pemeliharaan dan Peredaran Unggas di DKI Jakarta.

Lomba ini, tambah wakil wali kota, menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan di Jakarta Timur. “Kedepan jumlah peserta akan semakin bertambah,” ujarnya.

Awalnya jumlah peserta lomba seni suara burung perkitut ini ditargetkan sebanyak 140 orang. Namun, pada hari pelaksanaannya berkembang menjadi 191 orang yang berasal dari wilayah Jabodetabek.

“Walaupun baru pertama ternyata sangat diminati,” terang Kasudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Timur, Adnan Ahmad. Ada empat kelas yang diperlombakan. Pertama kelas piyik bulu coklat. Kedua piyik junior setengah tiang. Ketiga dewasa yunior. Keempat dewasa senior. “Pemenang akan diberikan piala tetap,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement