Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Thailand Puncaki Grup A Piala AFF

Sabtu 24 Nov 2012 23:55 WIB

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Hafidz Muftisany

Stadion Rajamangala, Bangkok

Stadion Rajamangala, Bangkok

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Thailand kini memuncaki klasemen sementara Grup A Piala AFF 2012 usai membungkam Filipina dengan skor 2-1. Laga perdana penyisihan Grup A Piala AFF 2012 pun sukses dilakoni tim nasional Negeri Gajah Putih.

Bermain di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (24/11), maka dukungan penuh pun berpihak kepada kubu Thailand. Sebagai tuan rumah yang juga diunggulkan, tim asuhan Windfried Schafer ini tidak ingin mengecewakan publik setempat.

Tiga poin penuh pun berhasil dipetik Thailand pada laga perdananya melawan Filipina. Dua gol Thailand berhasil menjebol gawang Filipina.

Gol Jakkapan Pornsai di menit ke-38 membuka kemenangan Thailand atas Filipina. Selang dua menit kemudian, Thailand menggandakan keunggulan menjadi 2-0 melalui gol Anucha Kitpongsri.

Namun, di babak kedua tepatnya di menit ke-76, Filipina mencetak gol hiburan lewat Paul Mulders. Hingga peluit akhir ditiup wasit, skor 2-1 tidak berubah.

Alhasil, tuan rumah menuai tiga poin hingga berhak memuncaki klasemen sementara Grup A Piala AFF 2012.

Di urutan kedua adalah Myanmar dengan raihan satu poin setelah bermain imbang 1-1 dengan Vietnam. Meski sama-sama mengemas satu poin dengan Myanmar, Vietnam berada di urutan ketiga. Filipina menjadi juru kunci Grup A dengan poin nihil.

Sundulan Le Tan Tai berhasil menjebol gawang Vietnam di menit ke-34. Myanmar akhirnya bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit ke-53 lewat gol penalti Kyi Lin.

"Hasil imbang 1-1 ini cukup memuaskan kami. Dalam pertandingan tadi kami bermain baik sehingga akhirnya bisa memetik satu poin," kata Asisten Pelatih Myanmar, Tin Myint Aung, seperti dikutip laman ASEAN football usai pertandingan.

Laga kedua Grup A selanjutnya akan dihelat pada Selasa (27/11). Pertandingan pertama akan mempertemukan Vietnam dan Filipina. Selanjutnya pertandingan kedua bakal dilakoni Myanmar dan Thailand.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA