Sabtu, 20 Ramadhan 1440 / 25 Mei 2019

Sabtu, 20 Ramadhan 1440 / 25 Mei 2019

Legenda Madrid Ini Sulit Bandingkan Maradona dengan Messi

Selasa 19 Mar 2019 14:06 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto

Maradona (kiri) dan Lionel Messi.

Maradona (kiri) dan Lionel Messi.

Foto: AP
Baik Maradona maupun Messi memiliki bakat luar biasa.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Lionel Messi kerap dibandingkan dengan para pesepak bola kelas wahid lainnya. Hal yang lumrah jika melihat kualitas kapten Barcelona itu.

Baca Juga

Di era saat ini, Messi selalu dibanding-bandingkan dengan Cristiano Ronaldo (Juventus). Keduanya sama-sama memiliki lima trofi ballon d'Or (pemain terbaik dunia).

Tapi dalam sejarah Argentina, Messi selalu disejajarkan dengan Diego Maradona. Muncul pertanyaan siapa yang terbaik di antara keduanya.

Jorge Valdano diminta mengomentari hal tersebut. Sangat pas jika Valdano menjadi narsumnya. Ada keterkaitan dan netralitas.

Tokoh 63 tahun itu orang Argentina. Kemudian Valdano memiliki latar belakang Real Madrid, berbeda dengan Messi dan Maradona yang berada di bawah bendera Barcelona.

"Sangat sulit membandingkan dua pemain itu, karena mereka tampil di era yang berbeda. Maradona lebih artistik dan lebih bersemangat, Messi memiliki paket lengkap," kata Valdano dikutip dari Marca, Selasa (19/3).

Secara pribadi, Valdano tidak bisa memilih siapa yang lebih baik dari dua jagoan tersebut. Satu hal yang pasti, menurut dia, baik Maradona maupun Messi memiliki bakat luar biasa.

Selanjutnya, Valdano membahas kiprah Messi yang belum ada matinya. Ia menegaskan, tanpa La Pulga, Barca tetap bisa meraih kesuksesan, tapi sulit untuk terus berada di level seperti ini.

"Dampak Messi pada setiap pertandingan tidak boleh diremehkan. Dia pemain bintang. Ketika dia bermain baik, yang lain juga tampil bagus," ujar sosok yang pernah menjadi pemain dan pelatih El Real itu.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA