Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Barca Butuh Gol Telat Messi dan Suarez demi Tahan Villarreal

Rabu 03 Apr 2019 06:30 WIB

Red: Endro Yuwanto

Lionel Messi

Lionel Messi

Foto: AP Photo/Emilio Morenatti
Kartu kuning kedua yang diterima Alvaro Gonzalez menjadi titik balik bagi Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, VILLAREAL -- Barcelona hampir dipermalukan ketika melawat ke markas Villarreal. Untunglah dua gol di pengujung laga berhasil membuat Barca meraih hasil imbang 4-4 dalam laga pekan ke-30 La Liga Spanyol di Stadion de la Ceramica, Villarreal, Spanyol, Rabu (3/4) pagi WIB.

Kartu kuning kedua yang diterima Alvaro Gonzalez menjadi titik balik bagi Barcelona yang tengah tertinggal 2-4, sebelum kemudian Lionel Messi mencetak gol pada menit ke-90 dan disusul Luis Suarez tiga menit berselang demi memaksakan hasil imbang.

Dari laman resmi Liga Spanyol, tambahan satu poin yang dibawa pulang Barcelona membuat tim besutan Ernesto Valverde itu kini mengoleksi 70 poin dan unggul delapan poin atas Atletico Madrid (62 poin) di posisi kedua. Sedangkan Villarreal (30) tertahan di urutan ke-17 dan bukan tak mungkin bakal terperosok ke zona degradasi karena hanya unggul dua poin dari Celta Vigo (28) yang ada di peringkat ke-18.

Keputusan Valverde untuk mengistirahatkan Messi sepertinya tak bakal menimbulkan masalah lantaran Philippe Coutinho berhasil membawa Barcelona unggul pada menit ke-12 lewat sontekan mudah menyambut umpan tarik Malcom. Empat menit berselang keunggulan Barcelona berlipat berkat gol perdana Malcom di La Liga yang dicetaknya lewat sundulan terarah menyambut umpan silang Arturo Vidal.

Barcelona hampir memperlebar jarak keunggulan pada menit ke-19. Namun percobaan tembakan Coutinho yang berusaha memperdaya kiper Sergio Asenjo malah ditolak tiang gawang. Insiden itu seolah menjadi pertanda kesialan bagi tim tamu. Ini setelah keunggulan Barca terpangkas menjadi 1-2 pada menit ke-23 lewat tembakan kesempatan kedua Samuel Chukwueze yang menyambar bola muntah hasil tendangannya sendiri yang membentur tiang gawang.

Sejak itu, Villarreal perlahan berhasil mengimbangi permainan Barcelona. Meski skor tak berubah ketika turun minum, Villarreal berhasil menyamakan kedudukan lima menit memasuki babak kedua lewat tembakan silang Karl Toko Ekambi yang sukses mengecoh kiper Marc-Andre ter Stegen.

Hal itu direspon Valverde dengan menurunkan Messi menggantikan Coutinho pada menit ke-60. Namun tuan rumah berbalik unggul dua menit berselang ketika Vicente Iborra melepaskan tembakan jarak dekat untuk menyelesaikan umpan kiriman Manu Morlanes.

Enam menit kemudian, tembakan Chukwueze berhasil ditepis Ter Stegen untuk dibenturkan ke mistar gawang. Namun Villarreal benar-benar memperbesar keunggulannya menjadi 4-2 pada menit ke-80 melalui Carlos Bacca yang dengan dingin melewati Ter Stegen dan menyarangkan bola ke gawang tak bertuan.

Ironisnya, tiga poin yang sudah di atas telapak tangan Villarreal perlahan mulai tergelincir ketika Gonzalez diusir dari lapangan akibat kartu kuning kedua setelah menjatuhkan Suarez pada menit ke-86. Tepat di pengujung waktu normal, Messi seolah memberi nafas buatan kepada Barcelona dengan sebuah tembakan khasnya yang melengkung membentur tiang gawang sebelum melesak ke dalam gawang dan mengubah skor menjadi 3-4.

Barcelona terus berusaha menyerang hingga akhirnya lewat sebuah sepak pojok yang gagal diantisipasi barisan pemain Villarreal. Suarez menyambar bola liar demi menyamakan kedudukan 4-4 dan Las Blaugrana terhindar dari kekalahan.


sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA