Minggu, 9 Rabiul Akhir 1440 / 16 Desember 2018

Minggu, 9 Rabiul Akhir 1440 / 16 Desember 2018

RFEF Setujui Solari Jadi Pelatih Tetap Madrid

Selasa 13 Nov 2018 10:27 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Hazliansyah

Santiago Solari

Santiago Solari

Foto: EPA-EFE/Jose Manuel Vidal
Batas waktu jabatan sementara Solari sebagai pelatih hanya dua pekan

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Santiago Solari disebut telah resmi diangkat menjadi pelatih tetap Real Madrid. Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) juga telah menyetujui pengangkatan Solari sebagai pelatih tetap Madrid.

Semula juru taktik berkebangsaaan Argentina itu pembesut sementara El Real. Ia mengisi kekosongan jabatan sepeninggal Julen Lopetegui.

Sesuai aturan di Spanyol, jabatan pelatih sementara hanya dua pekan. Klub harus segera mencari arsitek tetap setelah rentang waktu tersebut. Namun performa Solari mengkilap kala mengarsiteki Sergio Ramos dan rekan-rekan.

Madrid meraih empat kemenangan beruntun. Teranyar si Putih menundukkan Celta Vigo, 4-2 pada journada ke-12 La Liga Spanyol.

"Awalnya menurut laporan ESPN, setelah kemenangan melawan Celta, Los Blancos mengirimkan kontrak baru Solari ke Federasi Sepakbola Spanyol. Marca mengonfirmasi berita ini benar," demikian laporan yang dikutip dari Marca, Selasa (13/11).

Apa yang ditorehkan Solari membuat manajemen El Real tak berpikir panjang. Usai dibantai di El Clasico, sang arsitek membawa juara Eropa kembali ke jalur yang tepat.

Para korban Madrid era Solari antara lain, Melilla (4-0), Real Valadolid (2-0), Viktoria Plzen (5-0), dan Celta Vigo (4-2). Total Karim Benzema cs mencetak 15 gol dan hanya dua kali kebobolan.

Itu membuat kepercayaan kepada Solari meningkat. Daripada mencari sosok baru di pasar, mendingan memakai orang yang sudah mengetahui kamar ganti tim.

Penunjukan Santiago Solari sebagai pelatih tetap Real Madrid juga sudah mendapat persetujuan dari Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF). Meski pihak Real Madrid sendiri belum memberikan penegasan atas berita tersebut, aturan sepak bola Spanyol melarang seorang pelatih sementara untuk bertugas lebih dari 15 hari dan tenggat waktu tersebut berakhir pada Senin.

Sebelum melatih tim senior, tokoh 42 tahun pembesut Real Madrid B. Pada 2000 hingga 2015, Solari berstatus pemain Los Blancos.

Sumber : Antara/Reuters
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES