Tuesday, 12 Rabiul Awwal 1440 / 20 November 2018

Tuesday, 12 Rabiul Awwal 1440 / 20 November 2018

5 Penyerang Top La Liga yang Seret Gol

Rabu 17 Oct 2018 06:22 WIB

Rep: Febrian Fachri / Red: Israr Itah

Diego Costa

Diego Costa

Foto: EPA-EFE/Rodrigo Jimenez
Costa diharapkan mempertajam lini depan Atleti.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Persaingan di La Liga Primera Spanyol cukup sengit sampai pekan kedelapan. Empat tim bersaing ketat di papan atas. Klub kuda hitam Sevilla secara mengejutkan mengambil alih puncak klasemen dari Barcelona dan Real Madrid. Los Rojilblancos dengan poin 16 unggul satu angka dari El Real dan El Barca. Di urutan empat ada Atletico Madrid dengan koleksi 14 poin. 

Tapi persaingan di daftar top skorer belum seketat tim-tim di klasemen. Hanya Lionel Messi nama lama yang bercokol di daftar top skorer sementara dengan enam gol. Messi hanya kalah dua gol dari penyerang Girona Cristian Stuani dan selisih satu gol di bawah striker baru Sevilla Andre Silva. 

Banyak nama top yang sebelumnya biasa bersaing di daftar el Pichichi kini mengalami paceklik gol. Sebut saja penyerang timnas Spanyol Diego Costa. Pemain yang sejak awal tahun baru pulang dari Chelsea tersebut belum mencetak gol walau tampil starter sebanyak tujuh laga bersama Ateltico. Padahal kembalinya Costa diharapkan mempertajam lini depan Atleti supaya mampu menjuarai La Liga seperti pada musim 2013/2014.

Dua penyerang Real Madrid Karim Benzema dan Gareth Bale pun demikian. Dua pemain yang diharapkan makin tajam setelah kepergian Cristiano Ronaldo belum menunjukkan akan menjadi mesin gol baru El Real. 

Berikut lima penyerang top La Liga yang masih kesulitan mendulang gol:

Diego Costa (Atletico Madrid)

Penyerang 30 tahun ini dipulang Atletico Madrid dari Chelsea setelah berpisah selama 3,5 tahun. Kembalinya Costa ke Ibu Kota Spanyol musim lalu turut membantu Los Cholconeros menjuarai Liga Europa 2017/2018. Tapi periode ke tiga Costa bersama Atleti tidak seperti dulu di mana Costa menjadi tumpuan lini depan. Costa adalah aktor penting Atletico untuk menjuarai La Liga 2014. 

Sejak awal 2018, Costa hanya mencetak tiga gol dari 22 pertandingan La Liga. Jumlah ini sangat sedikit. Tapi pemain kelahiran Brasil ini tetap mendapat kepercayaan dari pelatih Diego Simeone. Costa banyak membantu peranan Antoine Griezmann sebagai striker utama Atleti. Tapi sejak pekan terakhir La Liga, Costa tidak pernah tampil. Costa dikabarkan mengalami cedera hamstring sejak pertandingan melawan Club Brugge di Liga Champions.  Costa musim ini sudah bermain sebanyak 584 menit untuk Atletico dan nihil gol dan satu assist.

Luis Suarez (Barcelona)

Penyerang Uruguay ini baru melepaskan tiga gol ke gawang lawan di La Liga. Jumlah ini tentu bukan hasil memuaskan bagi pemain sekelas Suarez yang selama tiga musim sebelumnya selalu mencetak di atas 20 gol dalam semusim. Tapi Harian Marca membela Suarez karena penyerang timnas Uruguay itu tidak bugar sejak awal musim.

"Suarez mengalami cedera yang tidak tahu pasti kapan ia mulai mengalami. Walaupun dia terlihat sehat dan selalu bermain," begitu laporan Marca beberapa hari lalu sebelum jeda internasional.

Musim lalu sampai jornada kedelapan, Suarez juga cuma mencetak tiga gol. Bedanya saat itu tiga gol hanya dibuat Suarez dalam lima pertandingan. Suarez tercatat sudah main sebanyak 659 menit dalam delapan laga dengan catatan tiga gol dan tiga assist.

Suarez benar-benar jadi harapan Barca untuk urusan mencetak gol bila Messi mengalami  kesulitan. Peranan Suarez sangat dinantikan sejak Barca melepas Neymar ke Paris Saint Germain.

photo

Luis Suarez

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Persija Menang 3-0 Atas Persela

Selasa , 20 Nov 2018, 20:53 WIB