Sabtu, 12 Muharram 1440 / 22 September 2018

Sabtu, 12 Muharram 1440 / 22 September 2018

5 Fakta Menarik Piala Super Eropa 2018

Kamis 16 Agustus 2018 01:56 WIB

Rep: MGROL110/ Red: Israr Itah

Atletico Madrid kontra Real Madrid

Atletico Madrid kontra Real Madrid

Madrid berstatus juara Liga Champions musim lalu, adapun Atleti kampiun Liga Europa.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Dua tim kuat Spanyol, Real Madrid dan Atletico Madrid, akan bertemu pada laga Piala Super Eropa di A Le Coq Arena, Tallinn, Estonia, Kamis (16/8) dini hari WIB. Madrid berstatus juara Liga Champions musim lalu, adapun Atleti kampiun Liga Europa.

Sejumlah fakta menarik tersaji terkait pertemuan kedua tim ini. Berikut lima fakta menarik Piala Super Eropa 2018, dikutip dari AS, Rabu (15/8):

Pertama kali dua tim sekota bertarung

Madrid dan Atletico mencetak sejarah di Eropa. Untuk kali pertama dua klub dari kota yang sama bertarung di Piala Super Eropa. Sebelumnya pada 1994, AC Milan menjuarai Liga Champions dan Inter Milan merebut trofi Piala UEFA. Namun ketika itu, Piala Super Eropa mempertemukan juara Liga Champion dengan kampiun Piala Winners, kompetisi yang sudah tak bergulir lagi.

Spanyol penguasa Piala Super Eropa 

Tim-tim Spanyol telah memenangkan delapan dari sembilan edisi terakhir Piala Super Eropa. Barcelona dan Real Madrid memenangkan masing-masing tiga dan Atlético dua.

Satu-satunya pengecualian terjadi pada 2013. Bayern Muenchen yang saat itu diasuh Pep Guardiola menundukkan Chelsea yang dipoles Jose Mourinho lewat adu penalti setelah perpanjangan waktu. Siapa pun yang menang malam ini, akan menjadi kemenangan kesembilan klub Spanyol dalam 10 tahun terakhir.

Baca juga: Keylor Navas Starter Madrid di Piala Super Eropa

Madrid samai rekor Barcelona dan Milan

Sebelum malam ini, Madrid telah enam kali tampil pada final Piala Super Eropa. Dari enam kesempatan itu, Los Blancos dua kali, melawan Chelsea pada 1998 dan Galatasaray pada 2000. Los Blancos memenangkan empat final lainnya melawan Feyenoord (2002), Sevilla (2014 dan 2016) dan Manchester United (2017). Hanya Barcelona yang tampil lebih banyak di final Piala Super Eropa, yakni sembilan kali dan AC Milan tujuh kali. Jika tim asuhan Julen Lopetegui menang di Tallinn malam ini mereka akan menyamai rekor lima kemenangan Piala Super seperti yang dicatatkan oleh Barcelona dan Milan.

Rekor mentereng Madrid

Real Madrid belum pernah kalan pada laga final internasional sejak kekalahan 1-2 dari Boca Juniors pada final Piala Intercontinental 2000. Sejak itu, Los Blancos telah memenangkan setiap final yang mereka lakoni, yakni lima Liga Champions, empat Piala Super Eropa, satu Piala Intercontinental dan tiga Piala Dunia Antarklub.

Rekor 100 persen Atletico

Atlético memenangkan kedua final Piala Super Eropa yang mereka mainkan saat mengalahkan Inter pada 2010 dan Chelsea pada 2012. Mereka satu dari empat klub yang belum pernah kalah dalam final Piala Super Eropa bersama dengan Anderlecht (1976 dan 1978), Juventus (1985 dan 1997) dan Valencia (1980 dan 2004). Tidak ada tim yang pernah memenangkan tiga pertandingan Piala Super Eropa pertama mereka. Tim asuhan Diego Simeone punya kesempatan untuk mencetak sejarah itu sebentar lagi.

 

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES