Sabtu, 12 Muharram 1440 / 22 September 2018

Sabtu, 12 Muharram 1440 / 22 September 2018

Caldara Masih Perlu Adaptasi dengan Skema Empat Bek AC Milan

Jumat 14 September 2018 16:40 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto

Mattia Caldara

Mattia Caldara

Foto: EPA-EFE/Sebastien Nogier
Duet Caldara dan Romagnoli sebenarnya sudah pernah dicoba namun pada pentas berbeda.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Menjadi seorang pemain baru di tengah situasi yang berbeda bukan perkara mudah. Tentu, setiap pemain membutuhkan adaptasi, terlebih jika itu menyangkut masalah teknis. Hal tersebut dialami oleh bek anyar AC Milan Mattia Caldara yang hingga kini belum masuk dalam skuat utama Rossoneri.

Il Diavollo memiliki filosofi permainan dengan empat bek di lini belakang. Hal itu tertanam sejak era Franco Baresi, Andrea Costacurta, dan Paolo Maldini. Klub peraih tujuh gelar Liga Champions ini lebih fasih dengan skema itu ketimbang mengusung tiga bek sejajar.

Namun, bagi pemain yang terbiasa dengan skema tiga bek sejajar di klub lamanya akan sangat sulit membiasakan bermain di Milan, seperti Mattia Caldara, pemain yang baru didatangkan dari Juventus pada musim panas kemarin. Ia belum mengambil laga perdananya di kompetisi Serie A Italia bersama Rossoneri.

"Saya tidak menemukan sesuatu yang aneh. Namun, saat ini saya tengah membiasakan diri dengan empat pemain di belakang, tentu dengan konsep yang berbeda saat saya jalani di Bergamo (Atalanta)," kata Caldara dikutip Football Italia, Jumat (14/9).

Caldara diproyeksi untuk menemani Alessio Romagnoli di jantung pertahanan Milan. Ia mengambil peran yang sebelumnya dijalani Leonardo Bonucci sebelum memutuskan untuk reuni dengan Juventus.

Akan tetapi, dalam dua pertandingan perdana Serie A musim 2018/2019 nama Caldara tidak masuk dalam starting eleven Milan. Pelatih Gennaro Gattuso lebih memilih untuk menduetkan Matteo Musacchio dan Romagnoli.

"Saya sudah berada di Milanello selama sebulan dan saya mengerti apa yang diinginkan pelatih. Dalam setiap sesi latihan, saya mencoba memberikan yang terbaik sesuai apa yang dia minta untuk siap sesegera mungkin," sambung bek asal Italia.

Pesepak bola berusia 24 tahun itu menambahkan, hubunganya dengan pelatih berjalan sangat baik. Rino, sapaan akrab Gattuso, merupakan sosok mentor yang dapat memberikan penjelasan yang baik. "Hubungan kami sangat bagus. Saya bekerja keras, dia menuntut dan saya harus meningkatkan setiap hari."

Duet Caldara dan Romagnoli sebenarnya sudah pernah dicoba namun pada pentas yang berbeda. Arsitek timnas Italia Roberto Mancini mencoba kedua pemain saat mentas di Liga Bangsa-Bangsa melawan Portugal.

Sebelum Caldara, Leonardo Bonucci juga memiliki persoalan yang sama ketika bergabung dengan Milan. Pemilik nomor punggung 19 itu selalu kesulitan ketika menjalin kerja sama dengan rekan-rekan setim. Bahkan, beberapa media mengkritik penampilan Leo yang selalu di bawah ekspektasi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES