Saturday, 8 Zulqaidah 1439 / 21 July 2018

Saturday, 8 Zulqaidah 1439 / 21 July 2018

5 Pembelian Mahal Juventus Sebelum Ronaldo

Kamis 12 July 2018 13:36 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Israr Itah

Gonzalo Higuain

Gonzalo Higuain

Foto: EPA-EFE/ANTONIO COTRIM
Sebelumnya, rekor pembelian pemain mahal oleh Juventus tercatat atas Gonzalo Higuain.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Juventus memecahkan rekor pembelian termahal sepanjang sejarah klub itu dengan mendatangkan Cristiano Ronaldo dan Real Madrid. Bianconeri membeli CR7 seharga 112 juta euro. 

Ronaldo menjadi pembelian pertama Juventus di atas 100 juta euro. Dua tahun sebelumnya, rekor pembelian pemain mahal oleh Juventus tercatat atas Gonzalo Higuain dari SSC Napoli. 

Berikut catatan 5 pembelian termahal Juventus sebelum kedatangan Ronaldo, dikutip dari Marca, Kamis (12/7). 

1. Gonzalo Higuain (90 juta euro dari SSC Napoli 2006)

Higuain dibeli Juventus di musim panas 2016. Juventus saat itu punya uang banyak hasil penjualan Paul Pogba di atas 100 juta euro ke Manchester United. Dua musim di Juve, Higuain mencetak 55 gol. 

photo

Gianluigi Buffon

2. Gianluigi Buffon (53 juta euro dari AC Parma 2001)

Buffon termasuk pembelian mahal dan terpenting dalam sejarah transfer Juventus. Kiper yang kini 40 tahun itu tak tergantikan di bawah mistar gawang Bianconeri. Musim depan Buffon sudah resmi pindah ke Paris Saint Germain. Buffon menjadi pemain Juventus selama 17 musim. Ia tercatat bermain sebanyak 565 laga. 

3. Lilian Thuram (42 juta euro dari Parma AC 2001)

Pembelian Buffon satu paket dengan bek tangguh asal Prancis Lilian Thuram. Saat itu, Parma menjual para bintang karena keuangan mereka mulai tak sehat. Thuram bermain empat musim buat Juventus dengan catatan 165 laga. Ia hengkang ke Barcelona tahun 2006 karena Juventus terdegradasi ke Serie B akibat kasus calciopoli.

photo

Pavel Nedved

4. Pavel Nedved (42 juta euro dari SS Lazio 2001)

Pemain Republik Ceska ini juga pembelian mahal tak sia-sia dilakukan Juventus. Nedved dibeli Juventus untuk menggantikan Zinedine Zidane yang hengkang ke Real Madrid. Meski berlabel bintang dan pernah memenangkan Ballon d'Or, Nedved sangat setia dengan Si Nyonya Tua. Nedved rela main di Serie B pasca calciopoli karena saking cintanya kepada Si Hitam Putih. Total Nedved bermain delapan musim buat Juventus. Setelah pensiun sebagai pemain, Nedved mendapat kepercayaan menduduki salah satu kursi elite di manajemen Juventus sebagai direktur. 

5. Joao Cancelo (40 juta euro dari Valencia 2018)

Cancelo baru dibeli Juventus beberapa pekan sebelum kedatangan Ronaldo.  Cancelo satu agensi dengan Ronaldo. Kepindahan Cancelo yang juga diurus Jorge Mendes dipercaya sebagai awal ditawarkannya Ronaldo ke Juventus.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA