Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Menang atas Tottenham 1-0, City Puncaki Liga Primer Inggris

Sabtu 20 Apr 2019 22:01 WIB

Rep: Anggoro Pramudya / Red: Nashih Nashrullah

Liga Inggris, Manchester City vs Tottenham Hotspurs.

Liga Inggris, Manchester City vs Tottenham Hotspurs.

Foto: republika
Kemenangan City kembali menggusur rival mereka Liverpool.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER – Manchester City berhasil kembali menduduki puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris setelah mengalahkan Tottenham Hotspur 1-0 pada pekan ke-34 di Stadion Etihad, Sabtu (20/4) malam WIB. Kemenangan tersebut berkat gol semata wayang Philip Foden menit kelima.  

Baca Juga

Berkat kemenangan ini the Citizen kembali menggusur rival mereka Liverpool di posisi pertama dengan perolehan nilai 86 terpaut satu poin dari the Reds di tempat kedua. Liverpool sendiri baru akan bermain melawan Cardiff City pada Ahad 21 April besok. 

Sedangkan bagi Tottenham Hotspur kekalahan ini membuat mereka tertahan di posisi tiga dengan perolehan angka 67, yang bisa mengancam posisi mereka dari tempat empat besar klasemen atau batas akhir zona Liga Champions.  

Pasalnya, perolehan angka mereka hanya berjarak satu poin dari Arsenal (4) dan Chelsea (5), serta terpaut tiga angka dari Manchester United di pos keenam.  

Tuan rumah memiliki misi balas dendam ketika menjamu lawannya Spurs. Itu mengingat the Eastland disingkirkan oleh the Lillywhites dari babak perempat final Liga Champions 2018/2019 tengah pekan kemarin.

Menilai hal tersebut, kedua pelatih pun melakukan beberapa pergantian strategi dari skuat utama mereka. Guardiola memainkan Philip Foden sebagai stater utama sedangkan Mauricio Pochettino memainkan Paulo Gazzaniga dan Juan Foyth.

Jalannya pertandingan: 

Sejak menit awal berlangsung City langsung menggempur pertahanan lawan. Buktinya, gol cepat datang di babak pertama, lewat tandukan Philip Foden.

Pada menit kelima, Sergio Aguero menerima umpan silang dari Bernardo Silva. Tak tahu apakah tandukannya tak terarah atau memang sengaja mengumpan, bola pun ditanduk Aguero ke tiang jauh, di mana Foden kemudian terbang menyundul bola.

Tak ada ancaman berarti bagi kedua tim. Skor 1-0 di babak pertama bertahan sampai peluit turun minum berbunyi.

Memasuki interval kedua tuan rumah masih menguasai jalannya pertandingan. Tekanan demi tekanan dilakukan Manchester Biru. Pada menit ke-63, Aguero melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti dan kemudian terjatuh. Namun, wasit tidak menganggap hal itu sebagai pelanggaran.

Tiga menit berselang, Aguero digantikan oleh winger asal Jerman, Leroy Sane. Masuknya Sane membuat City lebih berbahaya saat melancarkan serangan dari sisi kiri.

Eks pemain FC Schalke 04 itu yang memberikan umpan matang kepada Raheem Sterling pada menit ke-72. Umpan terukur itu bisa disontek Sterling namun tembakannya dari jarak dekat masih terkena kaki Gazzaniga.

Tottenham mencoba menyerang. Alhasil, menit 73, Lucas mendapatkan peluang. Toby Alderweireld meluncurkan umpan lambung ke jantung pertahanan City. Lucas Moura menerima bola, walaupun sentuhan kepalanya tidak sempurna.

Berselang beberapa menit John Stones dan Ederson miskomunikasi, membiarkan bola liar begitu saja dikejar Lucas. Akan tetapi, untungnya Stones dan Ederson bisa menghalau tendangan mendatar winger asal Brasil tersebut.

Tottenham membutuhkan gol dan Pochettino memasukan Fernando Llorente menggantikan Toby Alderweireld. Sayanyang pergantian tersebut tak membuat dampak positif. Tottenham tak bisa merobek jala gawang tim Guardiola sampai peluit panjang dibunyikan.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA