Kamis, 25 Safar 1441 / 24 Oktober 2019

Kamis, 25 Safar 1441 / 24 Oktober 2019

Bekap Fulham 2-1, Liverpool Kembali ke Puncak Klasemen

Ahad 17 Mar 2019 23:06 WIB

Red: Israr Itah

Penyerang Liverpool Sadio Mane (kiri).

Penyerang Liverpool Sadio Mane (kiri).

Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Tambahan tiga angka membuat koleksi angka Liverpool menjadi 76.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool kembali ke puncak klasemen usai mengamankan tiga angka pada laga pekan ke-31 Liga Primer Inggris. The Reds menaklukkan Fulham 2-1 dalam pertarungan yang menegangkan di Craven Cottage, London, Ahad (17/3).

Baca Juga

Sadio Mane menjadi pahlawan Liverpool pada laga ini. Ia mencetak gol pembuka pada babak pertama. Aksinya pada babak kedua membuat the Reds mendapatkan hadiah penalti yang dieksekusi James Milner untuk memastikan kemenangan. 

Tambahan tiga angka membuat koleksi angka Liverpool menjadi 76. Skuat asuhan Juergen Klopp unggul dua poin dari Manchester City. The Citizens belum memainkan laga pekan ke-21 karena harus beraksi di Piala FA.

Bagi Fulham, kekalahan membuat tim asal London ini semakin sulit keluar dari zona degradasi. Fulham baru mengemas nilai 17, terpaut 13 angka dari Burnley di batas akhir zona aman dengan tujuh laga tersisa.

Jalannya laga

Liverpool memulai pertandingan melawan tim di zona degradasi dengan percaya diri. Para pemain bertahan the Reds menguasai bola dengan balik dari tekanan lawan, maupun saat mengalirkan ke depan menjadi serangan. Namun Fulham bermain disiplin menutup setiap pergerakan yang mengancam kotak penalti mereka.

Menit ketujuh Mane mencoba meneruskan bola kepada Roberto Firmino, tapi sentuhannya tak sempurna. Dua menit berselang, kerja sama Mohamed Salah dan Firmino juga gagal.

Menit ke-12, Andy Robertson lolos di kotak penalti Fulham. Ia punya opsi mengoper bola ke Mane yang menanti di depan gawang atau Firmino yang berlari di tiang jauh. Namun operan Robertson justru langsung mengarah ke kiper Fulham Sergio Rico.

Situasi-situasi mirip terus berulang. Liverpool konstan memberikan tekanan, namun lemah dalam bola akhir. Hingga pada menit ke-25, serangan cantik Liverpool berbuah gol. Mane menggiring bola dari tengah dan mengoperkannya ke Firmino di sisi kiri. Penyerang asal Brasil itu kemudian menerobos kotak penalti dan mengembalikan bola kepada Mane yang sudah berada di depan gawang. Tanpa kesulitan, ia menggetarkan jala gawang Fulham untuk membawa Liverpool memimpin 1-0.

Empat menit berselang, Salah melepas tendangan jarak jauh. Bola diamankan Rico namun terlepas. Virgil van Dijk mencoba menyambut bola, namun kalah cepat dari Rico yang kali ini benar-benar dapat mengamankan si kulit bundar.

Menit ke-36, Adam Lallana memberikan umpan terobosan bagi Robertson yang terus mengancam sisi kanan pertahanan Fulham. Kali ini Robertson melepas tendangan dari tiang dekat yang bisa diblok oleh Rico.

Hingga pengujung laga, Liverpool mendapatkan dua kesempatan untuk memperbesar keunggulan. Tapi operan buruk Firmino kepada Mane menggagalkan peluang tersebut. Setelahnya, giliran Firmino gagal mengantisipasi bola yang datang padanya di kotak penalti Fulham, sehingga serangan Liverpool kembali kandas. Skor 1-0 menghiasi papan skor Stadion Craven Cottage pada akhir babak pertama.

Babak kedua, kondisi tak berubah. Liverpool yang agresif menekan mendapatkan sejumlah peluang cepat. Firmino yang mencoba meneruskan bola umpan Georginio Wijnaldum ke gawang Fulham pada menit 48 diblok. Empat menit berselang, tandukan Wijnaldum menyambut umpan Robertson hanya melambung. Begitu pula pada menit ke-56 saat tandukan Virgil van Dijk berhasil diselamatkan Rico.

Berkali-kali gagal mencetak gol membuat tempo permainan Liverpool sedikit menurun. Fulham mencoba memanfaatkan dengan melepas serangan balil. Menit ke-63, gol Mitrovic ke gawang Liverpool dianulir karena ia sudah berada di posisi offside.

Lima menit berselang, serangan cepat Ryan Babel hampir menyengat Liverpool. Babel melepaskan tendangan ke arah gawang mantan klubnya yang memaksa kiper Alisson melakukan penyelamatan.

Menit ke-72, Liverpool kembali membuang peluang. Kali ini, bola sepak pojok Trent Alexander-Arnold ditanduk Mane, tapi hanya mengenai tiang.

Dua menit berselang, Klopp di pinggri lapangan dibuat terperangah saat Fulham menyamakan skor. Dari situasi yang tak bahaya, Milner berusaha menyapu bola, tapi justru mengarah ke kotak penalti Liverpool. Van Dijk berusaha mengamankan bola dari kejaran Babel dengan menanduknya ke Alisson. Tapi tandukannya yang kurang kencang membuat Alisson tak bisa menguasai dengan sempurna dan Babel bisa merebutnya untuk menyamakan skor. Babel yang mengecat rambutnya merah tak merayakan gol ini.

Dengan waktu 15 menit tersisa, Liverpool berusaha keras untuk kembali unggul. Tak butuh lama, gol yang dinanti datang pada menit ke-81 lewat titik putih. Berawal dari Salah menerima bola di sisi kiri kotak penalti Fulham, ia melepas tendangan kaki kiri ke arah Rico. Bola diselamatkan, namun Mane cepat bergerak menyambut. Saat hendak menendang Rico memeluk Mane yang kemudian terjatuh. Wasit Craig Pawson tanpa ragu menunjuk titik putih. Milner membayar kesalahannya dengan eksekusi penalti sempurna untuk memastikan Liverpool kembali ke puncak klasemen.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA