Thursday, 18 Ramadhan 1440 / 23 May 2019

Thursday, 18 Ramadhan 1440 / 23 May 2019

Kemesraan Chelsea dan Atletico Berlanjut di Bursa Transfer

Selasa 22 Jan 2019 22:06 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Bayu Hermawan

Alvaro Morata

Alvaro Morata

Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Kepindahan Morata menambah mersra hubungan the Blues dengan Atletico Madrid.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Kepindahan Alvaro Morata, makin menambah mesra hubungan Chelsea dengan Atletico Madrid. Morata memang hijrah ke Wanda Metropolitano dengan status pinjaman. Namun, tim skuat asuhan Diego Simeone itu punya opsi untuk membeli striker internasional Spanyol tersebut.

Morata menandatangani kontrak pinjaman hingga akhir musim ini. Bahkan, keluarganya pun sudah tiba di Madrid sejak Ahad lalu. Pemain berusia 26 tahun tersebut direncanakan menjalani debutnya di Wanda Metropolitano melawan getafe pada Sabtu pekan ini.

Kepindahan pemain berusia 26 tahun itu juga terkait dengan rencana kedatangan Gonzalo Higuain dari AC Milan, dengan status pinjaman dari Juventus musim ini. Morata juga kesulitan berjuang untuk mendapatkan performa terbaiknya di Stamford Bridge. Sementara manajer Chelsea Maurizio Sarri lebih senang memainkan Eden Hazard dan Oliver Giroud di lini depan.

Morata bergabung dengan Chelsea dari Real Madrid dengan kontrak lima tahun pada 2017 dengan transfer 57 juta euro. Meski di musim pertama mampu tampil impresif, dengan mencetak tujuh gol dari delapan laga pertama, namun sampai akhir musim ia hanya mencetak 11 gol.

Musim ini ia telah mencetak sembilan gol di semua kompetisi untuk Chelsea. Namun tak pernah dimainkan sejak mencetak dua gol ke gawang Nottingham Forest di Piala FA 5 Januari lalu. Total, selama 18 bulan membela the Blues, ia sudah mencetak 24 gol.

Namun, upaya kerasnya untuk terus tampil optimal sepertinya menemui hambatan. ''Saya terus bekerja keras, mencetak gol sebanyak mungkin samampu saya dan memenangkan sebanyak mungkin trofi,'' kata dia, dikutip dari Sky Sports, Selasa (22/1).

Kemesraan Chelsea dengan Atletico Madrid memang bukan barang baru. Sebelumnya, kedua tim sudah berkali-kali saling jual beli pemain. Pada 2014, Chelsea menggaet Filipe Luis. Namun, pemain yang berposisi di bek kiri itu hanya bertahan satu tahun. Sebab pada 2015, Luis kembali ke klub asalnya hingga saat ini.

Skema yang sama dengan Luis juga terjadi pada striker Diego Costa. Tim asal London itu juga membeli pemain bertubuh kekar itu pada 2014. Berbeda dengan Luis, Costa bertahan cukup lama di Stamford Bridge. Selama 89 kali bermain, Costa mencetak 52 gol, dan kemudian memutuskan kembali ke Atletico Madrid tahun lalu.

Pemain top Chelsea lainnya yang menuju tim asal ibu kota Spanyol tersebut adalah Fernando Torres. Meski berbeda dengan proses transfer Costa dan Filipe Luis, tapi Torres juga mengawali kariernya sebagai pesepakbola profesional di Atletico. Namun, sebelum ke Chelsea, Torres membela Liverpool terlebih dahulu selama hampir empat tahun.

Baru pada 2011 manta striker andalan tim nasional Spanyol tersebut berseragam the Blues. Selama empat tahun, ia tampil sebanyak 102 pertandingan. Namun, performanya yang kurang maksimal, dengan hanya mencetak 20 gol, membuatnya terlempar dari Stamford Bridge. Sebab pada 2014, ia dipinjamkan ke AC Milan, sebelum akhirnya dua tahun kemudian kembali ke klub asalnya Atletico Madrid. Sama seperti Morata, pemain Sagan Tosu tersebut dipinjam terlebih dahulu, sebelum akhirnya dikontrak permanen.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA