Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Dominasi Afrika di Daftar Top Skorer Liga Primer Inggris

Jumat 28 Dec 2018 16:17 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto

Striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang merayakan gol.

Striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang merayakan gol.

Foto: EPA/WILL OLIVER
Munculnya nama Aubameyang di daftar teratas top skorer sementara menjadi kejutan.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Selama tujuh musim sejak terakhir Didier Drogba menjadi top skorer Liga Primer Inggris di musim 2009/2010, tak ada satu pun penyerang dari Benua Afrika yang mampu memenangkan sepatu emas. Sejak performa Drogba menurun bersama Chelsea, gelar top skorer Liga Primer menjadi trofi bergilir striker Eropa dan Amerika Latin.

Barulah sejak musim lalu, Mohamed Salah dari Mesir mengembalikan kebesaran para penyerang Benua Hitam sebagai bomber tersubur. Musim perdana Salah bersama Liverpool dihiasi dengan catatan 32 gol di liga. Ia mengalahkan para bomber tajam, seperti Sergio Aguero, Romelu Lukaku, dan Harry Kane.

Musim ini, cerita bisa saja akan sama. Ini lantaran sampai pekan ke-19 dua talenda Afrika memuncaki catatan gol terbanyak sementara. Posisi teratas ditempati striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang. Penyerang timnas Gabon itu sudah melesakkan 13 gol dan 3 assist buat the Gunners.

Di urutan dua, Salah hanya berselisih satu gol dari Aubameyang. Kelebihan Salah, ia sudah mencatatkan enam assist buat the Reds.

Munculnya nama Aubameyang di daftar teratas top skorer sementara menjadi kejutan. Penampilan pemain 29 tahun itu sejak dibeli Arsenal setahun lalu awalnya tidak terlalu meyakinkan. Aubameyang tidak mampu membawa Arsenal finis di empat besar klasemen akhir Liga Primer musim lalu. Setengah musim pertama berkostum Meriam London, Auba mencetak 10 gol dari 13 penampilan.

Catatan setengah musim pertama mantan pemain Borussia Dortmund itu sebenarnya tidak buruk. Tapi ia sepi dari pujian karena kondisi Arsenal sedang buruk buntut desakan mundur terhadap Arsene Wenger dari kursi pelatih Arsenal begitu kencang. Sehingga, publik luput memperhatikan kehebatan Aubameyang.

Musim ini, pemain lulusan akademi AC Milan itu perlahan membuktikan kualitasnya sebagai pemain termahal Arsenal. Klub yang bermarkas di Stadion Emirates itu mengeluarkan biaya 56 juta poundsterling untuk membeli Aubameyang dari Dortmund.

Gol ke-13 Aubameyang dicetak saat membantu Arsenal menahan seri tuan rumah Brighton & Hove Albion di laga Boxing Day beberapa hari lalu.

Top skorer sementara Liga Primer dikutip dari Soccerway

P Aubameyang    (Arsenal/Gabon)        13 gol   
Harry Kane    (Tottenham/Inggris)        12 gol
Mohamed Salah    (Liverpool/Mesir)      12 gol
Eden Hazard    (Chelsea/Belgia)           10 gol
Richarlison    (Everton/Brasil)                9 gol
R Sterling    (Man City)                         9 gol
S Agüero     (Man City/Argentina)          8 gol
Felipe Anderson    (West Ham/Brasil)     8 gol
A Martial    (Man Utd/Prancis)                8 gol
G Murray (Brighton/Inggris)                  8 gol
G Sigurdsson    (Everton/Islandia)         8 gol
C Wilson    (Bournemouth/Inggris)         8 gol

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA