Rabu, 6 Syawwal 1439 / 20 Juni 2018

Rabu, 6 Syawwal 1439 / 20 Juni 2018

Menakar Kualitas Emery Sebagai Pengganti Wenger

Selasa 22 Mei 2018 17:07 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Hazliansyah

Unai Emery

Unai Emery

Foto: AP Photo/Francisco Seco
Mantan pelatih PSG itu disebut sebagai kandidat terkuat pengganti Wenger di Arsenal

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Nama Unai Emery belakangan muncul sebagai calon terkuat pengganti Arsene Wenger di kursi pelatih Arsenal. Situs BBC bahkan menyebutkan, Arsenal akan segera mengumumkan mantan pelatih Paris Saint-Germain itu sebagai manajer baru mereka dalam waktu dekat.

"'Emery terpilih lewat suara bulat dari jajaran direksi Arsenal, setelah mereka melakukan pembicaraan dengan sejumlah kandidat,'' tulis keterangan di BBC.

Prestasi Emery menukangi sebuah tim memang terbilang moncer. Ia berhasil mengantarkan Sevilla menjadi juara Liga Europa selama tiga musim berturut-turut, dari 2013 hingga 2016. Meski dengan materi pemain yang dianggap seadanya, pelatih berusia 46 tahun itu mampu mengantarkan Sevilla tiga kali juara Liga Europa secara beruntun.

Catatan apik itu membuat Unai Emery dilirik Paris Saint-Germain. Emery resmi menukangi PSG pada awal musim 2016/2017.

Dua musim menukangi Les Parissien, Emery hanya mampu membawa PSG menjadi jawara di kompetisi domestik. Padahal, Emery diharapkan bisa membuat PSG berbicara banyak di kompetisi Eropa, terutama di Liga Champions. Babak 16 besar Liga Champions menjadi pencapaian terbesar Emery bersama PSG.

Akhirnya, Emery meninggalkan PSG dengan hanya catatan prestasi berupa satu gelar Ligue 1, itu pun di musim terakhirnya di PSG, dan empat piala domestik.

Meski begitu, Emery dikenal sebagai pelatih yang sangat peduli dengan detail dan persiapan yang matang, baik dari segi teknis maupun taktik. Emery bahkan bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk menganalisa pergerakan pemain atau kelemahan lawan melalui video rekaman.

Dari hasil analisa itu, Emery akan memberikan instruksi kepada para pemainnya sebelum turun ke lapangan. Bahkan, tidak jarang, Emery bakal membagikan video rekaman pertandingan kepada para pemainnya, agar pemainnya bisa mempelajari video tersebut.

Dengan segudang prestasi itu Emery punya kans kuat menggantikan Wenger. Namun, mengisi posisi yang ditinggalkan Wenger di Arsenal tentu tidak akan mudah. Ekspektasi dan tekanan dari fans serta persaingan dari sesama kontestan di Liga Inggris tentu bakal mewarnai perjalanan karier Emery bersama Arsenal.

Kendati begitu, ada satu hal beban berat yang harus dipikul Emery, apabila benar-benar dipastikan sebagai pelatih Arsenal. Yaitu mempertahankan fondasi dan gaya bermain ciri khas Arsenal, yang telah dibangun Arsene Wenger.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Senegal Menang 2-1 Atas Polandia

Rabu , 20 Juni 2018, 00:22 WIB