Kamis, 6 Zulqaidah 1439 / 19 Juli 2018

Kamis, 6 Zulqaidah 1439 / 19 Juli 2018

Menang 3-1, Spurs Cicipi Kemenangan Langka di Markas Chelsea

Senin 02 April 2018 00:10 WIB

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Ratna Puspita

Dele Alli (tengah) merayakan gol ke gawang Chelsea.

Dele Alli (tengah) merayakan gol ke gawang Chelsea.

Foto: EPA-EFE/WILL OLIVER
Itu jadi kemenangan pertama Spurs sejak terakhir kali merasakannya tahun 1990.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Tottenham Hotspur akhirnya mampu mencicipi kemenangan pertama dalam 27 tahun terakhir di kandangChelsea, Stamford Bridge, Ahad (1/ 4) malam WIB. Bertandang ke Stamford Bridge untuk melakoni pertandingan pekan ke-31 Liga PrimerInggris 2017/2018, Spurs meraih kemenangan 3-1.

Itu jadi kemenangan pertama Spurs sejak terakhir kali merasakannya tahun 1990. Dalam 28 laga beruntun diStamford Bridge sebelumnya, Spurs tak pernah sekalipun bisa merasakan kemenangan di semua ajang. 

Rekor tandang Spurs atas Chelsea dalam 28 tahun terakhir adalah kalah 18 kali kalah dan 10 kali imbang. Kemenangan Spurs dipersembahkan oleh dua gol Dele Alli pada menit ke-62 dan ke-66, serta dari Christian Eriksen menit ke-45. 

Tuan rumah cuma bisa membalas sekali lewat Alvaro Morata. Atas kemenangan ini, Spurs kokoh di posisi keempat klasemen sementara dengan 64 angka dari 31 kali berlaga. Sebaliknya Chelsea, perjalanan mereka untuk menembus posisi empat besar semakinterjal. 

Dengan sisa tujuh pertandingan lagi musim ini, sang juara bertahan masih tertinggal delapan angka di peringkat kelima.

Jalannya pertandingan

photo

Alvaro Morata (tengah) melakukan selebrasi. (EPA-EFE/WILL OLIVER)

Chelsea membuka keunggulan lewat tandukkan Morata pada menit ke-30. Pemain asal Spanyol inimendapatkan umpan dari rekannya di sayap kanan, Victor Moses. Gol bermula dari Moses yang berhasil melepaskan umpan tarik melambung kedalam kotak penalti lawan.

Di sana, Morata yang dijaga bek lawanDavinson Sanchez mampu memenangkan duel. Bola hasil tandukan Moratapun melaju mulus ke dalam gawang Spurs.

Chelsea tampak akan menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0. Namun, di menit akhir babak pertama gelandang Spurs, Eriksen sukses menyamakan kedudukan. Gol Eriksen tergolong cantik dan mengagetkan.

Pemain timnas Denmark ini melepaskan tembakan jarak jauh dari luar kotak penalti. Bola hasil tembakan Eriksen tampak akan melambung di atas mistar gawang. 

Namun, tiba-tiba si kulit bundar menukik ke arah gawang Chelsea. Kiper the Blues, Willy Caballero, yang tidak dalam posisi siap hanya terpana melihatbola menghujam gawangnya.

photo

Eric Dier (bawah) berebut bola dengan Willian (Atas). (EPA-EFE/ANDY RAIN)

Memasuki babak kedua, duel dua tim sekota ini terus diwarnai aksi saling serang. Pada menit ke-61, striker Spurs Son Heung-min nyaris menjebol gawang Chelsea lewat tembakan jarak jauh kaki kirinya. Upaya Son gagal setelah Caballero dengan gemilang menepis bola sembari 'terbang'.

Namun, kekokohan Caballero seketika sirna semenit kemudian. Spurs sukses mencetak gol sederhana lewat duasentuhan saja. 

Bola yang dikuasai oleh gelandang Spurs, Eric Dier ditengah lapangan langsung dilambungkan ke muka gawang Chelsea. Di titik jatuhnya bola, ada Alli yang tinggal berhadapan dengan Caballero. Dengan mudah, Alli kemudian menaklukkan kiper asal Argentina tersebut.

Empat menit kemudian, Alli kembali jadi ‘hantu’ bagi pertahanan Chelsea. Gelandang muda timnas Inggris inimampu mencetak gol kedua sekaligus membawa timnya unggul 3-1. 

Berawal dari aksi Son yang membelah sisi kiri pertahanan Chelsea. Son lalu mampu berhadapan dengan Caballero, tembakan pertamanya mampu ditepis, demikian pula yang kedua. 

Bola kemudian memantul ke arah Alli yang berdiribebas di depan gawang Chelsea. Dengan tenang, Alli bisa mendorongbola hingga masuk.

Usai gol tersebut, Stamford Bridge berubah jadi rumah para pendukung Spurs. Nyanyian dari suporter timtamu menelan kesunyian suporter tuan rumah.

Di sisa waktu pertandingan, tuan rumah terus melakukan ragam upaya untuk bisa mengejar ketinggalan. Namun, Chelsea kehabisan waktu dan harus menelan kekalahan dengan skor 1-3 dari sang tetangga sekota.

photo

Para pemain Chelsea tampak lesu. (EPA-EFE/ANDY RAIN)

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA