Thursday, 14 Rabiul Awwal 1440 / 22 November 2018

Thursday, 14 Rabiul Awwal 1440 / 22 November 2018

Piala Dunia 2018 Dipastikan tanpa Wasit Liga Primer Inggris

Jumat 30 Mar 2018 19:10 WIB

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah

Howard Webb

Howard Webb

Foto: EPA/Peter Kneffel
FIFA malah menunjuk sejumlah wasit dari negara yang tak lolos ke Piala Dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- FIFA telah menentukan 36 wasit yang akan memimpin laga-laga Piala Dunia di Rusia bulan Juni mendatang. Hasilnya cukup mengejutkan karena dari 36 wasit, tidak satu pun berasal dari Liga Primer Inggris.

Bahkan, dari sektor asisten wasit yang memperkerjakan 63 orang, tak ada satu pun yang berasal dari Inggris. Hal ini cukup mengagetkan mengingat Liga Primer Inggris disebut-sebut sebagai liga terbaik di dunia musim ini.

Dikutip dari laman resminya, Jumat (30/3), FIFA malah menunjuk sejumlah wasit dari negara yang tak lolos ke Piala Dunia. Contohnya Bascunan Julio dari Cile dan Gianluca Rocchi asal Italia.

Bahkan, FIFA menunjuk dua wasit asal Liga Amerika Serikat (MLS) untuk ikut memimpin pertandingan di Rusia. Dua wasit asal Amerika Serikat, negara yang tak lolos Piala Dunia ini, yakni Mark Geiger dan Jair Marrufo.

Totalwasit yang nantinya tampil berasal dari 46 negara. Jumlah tersebut lebih banyak dari total peserta Piala Dunia yakni 32 negara.

Ini merupakan kali pertama dalam 80 tahun wasit Inggris tak mendapatkan kesempatan bertugas di Piala Dunia/ Padahal sejak Perang Dunia II, selalu ada wasit asal Inggris atau Britania Raya yang memimpin laga Piala Dunia.

Howard Webb misalnya memimpin laga final Piala Dunia 2010. Ia kembali bertugas pada Piala Dunia 2014 di Brasil. Banyak yang menduga ini karena wasit elite Inggris sudah menua. Di sisi lain, wasit baru kerap menghadirkan kontroversi di Liga Primer Inggris.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Festival Panen Kopi Gayo

Rabu , 21 Nov 2018, 20:55 WIB