Tuesday, 5 Syawwal 1439 / 19 June 2018

Tuesday, 5 Syawwal 1439 / 19 June 2018

Fowler: Mohamed Salah ‘Menakutkan’

Sabtu 17 February 2018 00:10 WIB

Red: Ratna Puspita

Selebrasi Mohamed Salah seusai menjebol gawang Tottenham Hotspur.

Selebrasi Mohamed Salah seusai menjebol gawang Tottenham Hotspur.

Foto: AP Photo/Rui Vieira
Fowler percaya Salah akan membantu Liverpool meraih gelar dalam waktu dekat.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL — Mantan bintang Liverpool Robbie Fowler mengatakan kemampuan Mohamed Salah beradaptasi sekaligus menunjukkan performa mengesankan dengan cepat di Stadion Anfield sangat menakutkan. Dia pun berpendapat performa Salah pada musim pertamanya bersama Liverpool mengejutkan banyak orang. 

Salah hengkang dari AS Roma untuk bergabung dengan the Reds pada Juni silam dalam kesepakatan senilai 34,3 juta poundsterling. Selama delapan bulan di Anfield, Salah langsung menjadi idola baru setelah berhasil membukukan 30 gol di semua kompetisi musim ini. 

"Saya pikir tidak ada yang bisa membayangkan apa yang akan terjadi. Semua orang mungkin tahu dia adalah pemain bagus, tetapi untuk berada pada posisi yang dia raih secepat itu, menakutkan,” kata Fowler ketika berbicara kepada Sky Sports pada sebuah acara amal untuk Red Neighbours, yang fokus pada kemiskinan dan pendidikan pangan, dilansir Jumat (16/2). 

Fowler percaya Salah akan mencetak sepuluh gol tambahan sebelum musim ini berakhir. Bahkan, Fowler meyakini Salah akan membantu mengarahkan Liverpool meraih gelar dalam waktu dekat. 

"Itulah targetnya (mencapai 40 gol). Sungguh luar biasa apa yang dicapainya sejauh ini. Saya adalah penggemar Liverpool, saya ingin Liverpool mencetak banyak gol. Saya ingin dia mencetak banyak gol. Saya ingin Liverpool sukses dan jika dia terus melakukannya maka kami berada dalam posisi yang bagus,” kata Fowler. 

Sekarang ini, pesepak bola asal Mesir tersebut merupakan pencetak gol terbanyak kedua Liga Primer dengan 22 gol, hanya tertinggal satu gol di belakang bintang Tottenham Hotspur, Harry Kane. Keduanya pun berada dalam perburuan Sepatu Emas atau pencetak gol terbanyak Liga Primer musim 2017/2018. 

Kane bisa Lampaui Alan Shearer

photo

Infografis Harry Kane mesin gol Inggris. (Republika/Kurnia Fakhrini)

Fowler pun berbicara mengenai peluang Kane melampaui rekor Alan Shearer sebagai pencetak gol terbanyak Liga Primer dalam satu musim. Shearer merupakan pemegang dua rekor gol terbanyak dalam satu musim. 

Dia bersama Andrew Cole memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak dalam semusim (42 laga) dengan 34 gol. Dia juga memegang rekor bersama Cristiano Ronaldo dan Luis Suarez sebagai pemegang gol semusim (38 pertandingan) dengan 31 gol. 

Bahkan, jika bertahan di Inggris, Fowler meyakini, striker Spurs itu bisa melampaui rekor Shearer sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Primer dengan 260 gol. Sekarang ini, Kane berada di posisi 26 dalam daftar top skorer Liga Primer sepanjang masa dengan 101 gol. 

“Bahkan jika dia mendekati (catatan Shearer) maka dia berarti telah melakukannya performa yang sangat baik. Penampilannya sejauh ini sangat luar biasa. Dia terlihat seperti pemain yang bisa mencetak gol sepanjang waktu. Dia telah melewati tahun pertama, sindrom tahun kedua, tetapi untuk melampaui gol Alan Shearer akan sangat sulit. Jelas, untuk memecahkan rekor, dia perlu tetap berada di Liga Primer,” kata dia. 

Sebelumnya, Kane sudah memecahkan rekor Shearer sepanjang pencetak gol terbanyak dalam satu kalender. Shearer pernah membuat 36 gol di Liga Primer Inggris dalam satu tahun kalender pada 1995 silam.

Kane menyalip rekor itu setelah mengoleksi 39 gol di sepanjang tahun 2017. Enam di antara golnya tersebut dibuat ketika mencetak hat-trick ke gawang Burnley pada Ahad (24/12) dan Southampton, Selasa (26/12).

Baca: Shearer Puji Kane yang Bisa Lewati Rekornya

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES