Tuesday, 10 Zulhijjah 1439 / 21 August 2018

Tuesday, 10 Zulhijjah 1439 / 21 August 2018

Wenger: Arsenal Untung dalam Pertukaran Sanchez-Mkhitaryan

Selasa 23 January 2018 06:22 WIB

Red: Ratna Puspita

Henrikh Mkhitaryan

Henrikh Mkhitaryan

Foto: arsenal.com
Arsenal kini memiliki Mkhitaryan yang profesional dan berdedikasi ke skuat.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Pelatih Arsene Wenger mengaku puas mendapatkan pemain yang berkomitmen dan fokus setelah Henrikh Mkhitaryan resmi bergabung dengan the Gunners. Pelatih asal Prancis itu menyebutkan Arsenal menjadi pihak yang paling diuntungkan dalam kesepakatan transfer ini karena potensi kehilangan Sanchez tanpa mendapatkan sepeser pun pada Juni mendatang. 

Arsenal mengizinkan Sanchez bergabung dengan Manchester United pada Senin (22/1) untuk menghindari kehilangan pemain internasional Cile itu dengan status bebas transfer musim panas mendatang. Kontrak Sanchez bersama the Gunners akan berakhir pada akhir musim ini. 

The Gunners menerima Mkhitaryan sebagai ganti Sanchez. Wenger mengonfirmasikan Mkhitaryan telah menandatangani kontrak sampai Juni 2021. 

"Pemikiran di balik kesepakatan tersebut adalah bahwa kami memiliki pemain dengan sisa kontrak empat bulan. Pada dasarnya, kami memindahkannya dengan gratis dan sebagai gantinya kami justru mendapatkan Mkhitaryan yang mengikat kontrak 3,5 tahun,” kata dia kepada Arsenal Player, dilansir dari Four Four Two, Selasa (23/1). 

Atas dasar tersebut, dia menjelaskan kesepakatan tersebut pun masuk akal dari sisi negosiasi. Kedua, dia berpendapat, Arsenal menukar pemain dengan level permainan yang sama. 

“Kami mengganti pemain yang sangat bagus dengan pemain yang sangat bagus. Pemain kelas dunia dengan pemain kelas dunia. Begitulah cara kami menjaga kekuatan dalam tim,” kata dia. 

Dia pun menyebut pesepak bola 29 tahun itu sebagai sosok profesional yang berdedikasi ke skuat. Dia menambahkan kesepakatan Mkhitaryan telah mendatangkan sukacita setelah aktivitas jendela transfer yang lebih mengganggu daripada pasar pemain pada musim panas lalu.

"Saya sangat bersemangat mendapatkan pemain yang akan berkomitmen dan fokus. Tentu saja itu sangat penting karena kami akan memasuki periode paling penting. Setiap pertandingan akan sangat menentukan sehingga perlu ada pemain yang fokus. Saya senang masa transfer yang menganggu ini telah selesai,” kata Wenger. 

photo

Henrikh Mkhitaryan (kanan) ketika masih membela Borussia Dortmund mengambil bola dari Mesut Oezil pada pertandingan Liga Champions antara Arsenal dan Dortmund, 2013 silam. (EPA/FEDERICO GAMBARINI)

Wenger berharap Mkhitaryan, yang mencetak lima gol dalam 39 penampilan Liga Primer untuk United, dapat menemukan jaring lawan lebih sering. Dia mengatakan Mkhitaryan akan menambah kreativitas Arsenal bersama Mesut Ozil, pemain lain yang masa depannya di Stadion Emirates belum jelas karena kontraknya berakhir musim ini. 

"Mkhitaryan bisa bermain di sayap atau di lini tengah, jadi saya yakin dia bisa bermain dengan baik di banyak posisi. Itu bisa membantu kami juga karena ia bisa bermain bersama dengan Oezil,” kata Wenger. 

Arsenal juga dikaitkan dengan Pierre-Emerick Aubameyang. Bahkan, Borussia Dortmund mengklaim The Gunners mengajukan penawaran selama akhir pekan.

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Foto Udara Mina, Arafah dan Makkah

Selasa , 21 August 2018, 11:11 WIB