Rabu, 11 Zulhijjah 1439 / 22 Agustus 2018

Rabu, 11 Zulhijjah 1439 / 22 Agustus 2018

Liverpool tak Jual Coutinho untuk Tutupi Pembelian Van Dijk

Sabtu 30 Desember 2017 19:31 WIB

Rep: Taufiq Alamsyah Nanda/ Red: Ratna Puspita

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp

Foto: AP/Ivan Sekretarev

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL — Pelatih Liverpool Jurgen Klopp menyatakan Liverpool tidak perlu menjual Philippe Coutinho untuk membantu mendanai pembelian bek tengah Virgil van Dijk dari Southampton. Van Dijk akan bergabung dengan The Reds pada 1 Januari 2018 setelah kubu Anfield sepakat membayar 75 juta poundsterling (Rp 1,4 triliun) kepada Southampton. 

Gelontoran dana Liverpool untuk membeli pemain belum akan berhenti. The Reds dilaporkan telah menjanjikan minimal 65 juta euro (Rp 1,18 triliun) untuk mendatangkan gelandang Naby Keita dari Hoffenheim pada Juli mendatang. 

Coutinho pun dilaporkan bakal dilepas dengan banderol sebesar 100 juta euro (Rp 1,83 triliun) untuk bisa membantu menutup pengeluaran pembelian dua pemain tersebut. Namun, Klopp mengatakan kepada beberapa surat kabar di Inggris bahwa hal tersebut tidak akan terjadi. 

"Tidak ada yang memberitahu saya mengenai hal itu. Saya juga tidak punya informasi mengenai itu. Tidak,” kata Klopp dilansir dari ESPN, Sabtu (30/12). 

Pelatih asal Jerman ini mengatakan the Reds memiliki skuat yang berisi pemain-pemain bagus dalam perburuan gelar Liga Primer musim ini. Karena itu, dia menyatakan, tidak seharusnya Liverpool menjual siapapun sekarang ini. 

Dia menambahkan pemilik sedang menunjukkan ambisinya dalam perburuan gelar. “Jadi, hal yang adil adalah ketika pemilik ambisius, kami harus meningkatkan permainan,” kata dia. 

Mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut memang tidak secara gamblang memastikan Coutinho akan bertahan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Dia hanya menyatakan pemain internasional Brasil itu sedang menikmati masa paling produktifnya sejak bergabung dengan The Reds pada 2013. 

"Satu-satunya hal yang akan katakan dan satu-satunya hal yang penting bagi saya sekarang ini adalah bagaimana permainan Phil sekarang ini. Saya senang performanya dalam beberapa pertandingan terakhir dan efeknya bagi tim,” kata dia. 

Menurut Klopp, Coutinho menunjukkan karakternya dalam permainan dan sesi latihan. Bagi dia, hanya itu yang terpenting sekarang ini. “Sisanya, saya tidak akan, tidak bisa, dan tidak mau mengatakannya. Sebab, jika saya mengucapkan komentar tentang itu maka Anda akan mengacaukannya,” kata dia. 

Dia menambahkan jika memang ada perkembangan terbaru terkait masa depan Coutinho maka the Reds akan mengumumkannya kepada media. “Bagi saya, tidak masuk akal membicarakan hal-hal yang masih ‘bisa’ atau ‘mungkin; terjadi karena itu akan menciptakan cerita yang 90 persen tidak benar. Mengapa kita harus melakukan itu?” ujar Klopp. 

Klopp juga mengomentari tentang kritikan terkait biaya transfer untuk Van Dijk. Dia berargumen pasar pemain telah mendikte klub untuk mencetak rekor klub untuk mendatangkan bek asal Belanda tersebut. 

Namun, dia membandingkan pembelian Van Dijk dengan Mohamed Salah dari AS Roma pada musim panas lalu. "Ketika Mohamed Salah datang, orang-orang berpikir harganya terlalu mahal dan sekarang mereka berpikir 'wow, ia pemain yang hebat’,” kata dia. 

Klopp menambahkan keinginan Van Dijk untuk bergabung dengan Liverpool juga membuat ia menjadi asset yang cukup berharga bagi Southampton. "Dia ingin datang ke sini dan hal itu menjadi sangat penting sekarang ini. Bayangkan Anda adalah seorang pemain, beberapa klub sedang mengincar Anda, dan mereka tidak ragu untuk menggelontorkan uang. Tapi, dia memilih kami dan bukan tim lain.”

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES